Respons Pernyataan PSSI Soal JIS, Wagub DKI: Kita Akan Sempurnakan

Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara terkait pernyataan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang menyebutkan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) belum layak untuk melangsungkan pertandingan FIFA Match Day.

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

“Ya sebenarnya kan begini, jadi teman-teman dari PSSI ingin bahwa JIS itu memenuhi standar internasional. Sebetulnya JIS itu dibuat sedemikian tidak hanya bagus megah dan lain-lain, juga memenuhi standar internasional,” kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 12 September 2022.

Politikus Gerindra itu menambahkan, memang ada beberapa syarat tambahan yang harus dipenuhi seperti pintu masuk menuju ke stadion yang berada di kawasan Jakarta Utara itu.

Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong.

“Kita akan sempurnakan. Insya Allah kita akan perbaiki, kita akan sempurnakan JIS yang sudah megah, yang sudah luar biasa baik ya, supaya juga memenuhi standar, standar internasional untuk kompetisi-kompetisi di tingkat internasional,” ujarnya.

Hasil Qatar Vs Timnas Indonesia U-23 Dibatalkan karena Protes ke AFC? Begini kata Sang Manajer

Riza pun tidak memusingkan pernyataan yang dilayangkan oleh PSSI terkait JIS. “Justru masukan dari semua pihak itu penting, menjadi bagian dari penyempurnaan JIS,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PSSI menyampaikan batal menggelar laga timnas Indonesia vs Curacao dengan venue di Stadion JIS pada 27 September 2022. Alasan PSSI lantaran JIS belum memenuhi kelayakan standar FIFA. Selain itu, uang sewa JIS juga dianggap mahal.

Papan penunjuk zona di Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • ANTARA/Abdu Faisal

Pernyataan PSSI itu pun jadi sorotan. Di media sosial Twitter, PSSI dan Anies masuk dalam jajaran trending pada Sabtu malam, 10 September 2022.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Proyek JIS Arry Wibowo sempat menanggapi pernyataan PSSI. Dia menepis PSSI dengan menegaskan bahwa JIS sudah memenuhi standar FIFA. 

Arry mengatakan, stadion bisa dilabeli standar FIFA karena punya fasilitas dan infrastruktur yang lengkap. Dia menekankan dari aspek perencanaan dan pembangunan, JIS juga sudah memenuhi kriteria FIFA.

Dia juga menambahkan, JIS dirancang oleh konsultan perencana dari Inggris, Buro Happold. Rekam jejak Buro punya pengalaman merancang sejumlah stadion sepak bola modern di Inggris dan beberapa stadion yang diproyeksikan untuk Piala Dunia di Qatar 2022. Menurutnya, dari rancangan desain, JIS juga sudah mirip dengan stadion di Eropa.  

"Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya