Inkoppas Desak PD Pasar Jaya Bangun Kembali Pasar Blok A Jaksel

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Inkoppas Adrian Lame Muhar
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Metro – Induk Koperasi Pedagang Pasar atau Inkoppas mengungkapkan kekecewaannya kepada PD Pasar Jaya, karena selama ini pasar Blok A, Jakarta Selatan yang sempat kebakaran pada tahun 2019 belum juga dibangun kembali. Akibat dari hal tersebut, banyak pedagang yang kehilangan pekerjaan karena tempatnya berdagang tak kunjung kembali dibangun.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

"Kami kecewa dengan PD Pasar Jaya yang terlalu lama menyelesaikan permasalahan pembangunan revitalisasi Pasar Blok A Fatmawati, sangat terkatung-katung, tidak ada kejelasan atas permasalahan yang terjadi, yang katanya mau di selesaikan katanya," kata Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Andrian Lame Muhar, dalam keterangannya, Senin 12 September 2022.

Kebakaran di Pasar Blok A.

Photo :
  • Repro Video.
Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Menurut Adrian, Inkoppas telah bersurat ke PD Pasar Jaya untuk mengadakan audiensi sehingga para pedagang bisa bertanya mengenai permasalahan yang terjadi. Bahkan Dirutnya juga sudah mengalami pergantian tetapi pembangunan kembali pasar tersebut belum juga dapat terealisasi

"Saya tidak perlu membahas kejadian yang lalu di Pasar Blok A, yang penting sekarang mencari jalan keluar, supaya cepat merealisasi pembangunan Pasar Blok A ini. Pedagang kami sudah lama menunggu, bahkan para pedagang ingin berdemo tapi kami dari Inkoppas melarang, mencoba dulu persuasif dengan PD pasar Jaya kenapa lama sekali," ujar Adrian.

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Inkoppas menurut Adrian, terus mendorong dan juga sudah memberikan ultimatum kepada PD Pasar Jaya untuk bersedia melakukan audiensi. Apabila pada pekan ini Dirut PD Pasar Jaya tidak mau beraudiensi juga tanpa ada kejelasan dari Dirut nya, maka Inkoppas tak dapat lagi menahan adanya gelombang aksi dr para pedagang pasar.

"Selama ini kami melarang- larang terus untuk para pedagang pasar berdemo, dengan alasan covid-19, nanti kasian juga pak Gubernur. Apa susahnya Dirut PD Pasar Jaya bertemu dengan para pedagang Pasar Blok A atau dengan Inkoppas untuk membicarakan apa permasalahan yang terjadi, apa kesulitannya kan bisa kita bantu juga, " tambah Andrian.

Ilustrasi pedagang cabai di pasar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Inkoppas mendorong agar PD Pasar Jaya untuk cepat melakukan pembangunan pasar Blok A sebelum Gubernur DKI Jakarta saat ini habis masa jabatannya. Sebab apabila itu terjadi, akan terjadi lagi permasalahan yang baru yang harus diselesaikan.

"Ini sudah sejak zaman gubernur sebelumnya, padahal dari ke 2 gubernur sudah mendorong Pasar Blok A cepat terbangun, jadi apa yang jadi masalah sehingga sampai sekarang masih terkatung- katung," ujar Adrian

Jika yang menjadi masalah adalah perizinan, kata Adrian, PD Pasar Jaya adalah perusahaan BUMD dibawah Pemprov DKI. Semestinya dapat dengan mudah mengurus izin pembangunan pasar tersebut.

"Pertanyaannya apakah benar hanya masalah IMB ? Atau ada permasalahan lain," kata Adrian

Pasar tumpah. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • Istimewa/Teguh Sutrisno

Inkoppas, menurut Adrian, sudah berkali-kali menyuarakan ini kepada Anggota DPRD DKI, namun tak juga ada perkembangan. Sampai sekarang tak ada tanda-tanda pasar Blok A dibangun

"Mesin eskavator aja tidak pernah ada di Pasar Blok A, apalagi bicara mau membangun Pasar Blok A dan pedagang juga tidak pernah di ajak bicara. Jika sudah di ajak bicara mungkin para pedagang Pasar akan sedikit tenang," ujarnya

Karena itu dia berharap PD Pasar Jaya mampu memerhatikan nasib para pedagang. "Harapan saya yang penting ada tempat untuk para pedagang berjualan, dengan pembayaran atau kepemilikan model apapun terserah, yang penting ada tempat untuk pedagang perjualan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya