Demo BEM SI Tak Lapor Polisi, Ini 6 Titik Aksi Penolakan Kenaikan BBM

Demo mahasiswa tolak kenaikan BBM di Patung Kuda ricuh
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA Metro – Elemen dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (BEM BSI) dan Front Aksi Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa (UPB) rencananya bakal menggelar aksi di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Indosat), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 15 September 2022.

Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan setelah aksi di Patung Kuda, mahasiswa UPB bakal melanjutkan aksinya di depan Gedung DPR/MPR. 

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Selain itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) rencananya juga bakal aksi di Patung Kuda. Sayangnya, Zulpan mengatakan Polda Metro Jaya belum menerima surat pemberitahuan terkait aksi unjuk rasa dari BEM SI tersebut. 

"Tanpa pemberitahuan satu aliansi atau kelompok," kata dia kepada wartawan, Kamis 15 September 2022.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Bukan cuma di Ibu Kota, aksi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) juga terjadi di daerah penyangga hari ini. Di depan Kantor DPRD Kota Depok, bakal ada aksi dari Forum Buruh Depok. 

Lalu demonstrasi di depan Kantor DPRD Kota Bekasi oleh Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PC FSP KEP SPSI).

Kemudian, aksi juga dilakukan di depan Kantor Pemkot Bekasi oleh PC FSP KEP SPSI, juga aksi di depan Kantor Pemda Kabupaten Bekasi oleh KC FSPMI Kab/Kota Bekasi. 

Kata Zulpan, Jumlah massa kurang lebih 2.000 orang dari semua aksi ini. Pihaknya sendiri menerjunkan sebanyak 6.124 personel guna mengawal aksi pada enam titik ini.

"Jumlah personel pengamanan 6.124," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya