Saat Kepungan Asap di Mall Grand Indonesia Bikin Panik Pengunjung

Ilustrasi pemadaman api
Sumber :

VIVA Metro – Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Asril Rizal mengungkap detik-detik kebakaran terjadi di lantai 10 Gedung West Mall Grand Indonesia.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Awalnya, seorang pegawai melihat adanya kepulan asap di koridor lantai 10. Lantas, pegawai tersebut melaporkannya ke petugas keamanan. Lantas, satpam melakukan pengecekan. Kemudian diketahui asap berasal dari ruang panel listrik.

Ilustrasi pemadam kebakaran

Photo :
  • @tmcpoldametro
Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

"Mereka (satpam) berusaha membuka pintu ruang panel untuk memastikan, namun asap sangat tebal. Tim sekuriti yang lain langsung segera menghubungi damkar," katanya kepada wartawan, Minggu 18 September 2022.

Dia menyebut, kebakaran terjadi karena korsleting panel listrik. Kemudian, menurut Asril pihaknya semat kesulitan memadamkan api. Penyebabnya karena asap yang cukup tebal. Sementara itu, Corcom GI, Annisa Hazarini mengklaim tidak ada kebakaran di West Mall GI. Dia berdalih yang terjadi cuma kendala pada salah satu panel listrik di sana.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

"Sebenarnya tidak ada kebakaran sama sekali hanya ada kendala pada salah satu panel kami yang menyebabkan adanya asap yang keluar cukup banyak karena posisi panel yang tertutup, jadi asapnya di situ mengumpul," ucap Annisa.

Ilustrasi - Petugas menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan mobil pemadam kebakaran di fasilitas umum Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu, 2 Februari 2022, guna mewaspadai penularan COVID-19, utamanya varian Omicron.

Photo :
  • ANTARA

Annisa menambahkan, asap tersebut makin lama memasuki koridor mal. Sehingga, pihaknya lantas mengevakuasi pengunjung juga mereka yang bekerja di West Mall menuju ke East Mall. Dia menyebut daerah East Mall tak terdampak sama sekali.

"Hanya di West Mall saja memang kejadiannya di West Mall asapnya turun ke beberapa lantai, setelah itu kami evakuasi pengunjung pelan-pelan keluar. Untuk area East Mall tidak terdampak sama sekali," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, Gedung Mal Grand Indonesia di Jakarta Pusat kebakaran pada Minggu, 18 September 2022, sebagaimana dikonfirmasi oleh Fajar, petugas piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat.
Kata dia, kebakaran terjadi bukan di bagian pusat perbelanjaannya, namun di lantai 10 west mall. Api menyala sekitar pukul 11.50 WIB. Namun, dia menyebut pukul 12.50 WIB api sudah padam, tinggal asap saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya