Viral Napi di Lapas Salemba Makan Tanpa Lauk, Kalapas Ungkap Faktanya

Lembaga Pemasyarakatan (LP) Salemba
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA Metro – Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Klas II A Salemba, Jakarta Pusat, angkat bicara perihal video viral nasi cadong bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana (napi) di sana yang isinya cuma nasi putih saja tanpa lauk.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Lembaga Pemasyarakatan Salemba

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Salah satu yang memposting video viral ini adalah akun Instagram @jadetabek.info. Menurut Kepala Lapas Klas II A Salemba, Yosafat Rizanto apa yang diviralkan di medsos jelas tidak benar. Dia menegaskan, semua nasi cadong di sana ada lauknya.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

"Itu tidak benar (nasi cadong isinya tanpa lauk), karena lauknya itu posisi di atas semua. Nasi dipisah karena kalau digabungkan pada saat pendistribusian dari dapur ke blok, nanti dia jatuh menyatu dengan nasinya. Nanti, jadinya tidak higienis lagi antara nasi dengan sayur, makanya dipisahkan," kata dia kepada wartawan, Selasa 20 September 2022.

Lembaga Pemasyarakatan (LP) Salemba

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Kemudian, lanjutnya, saat sampai di blok nanti dibagi ke kamar masing-masing sesuai jumlah narapidana yang ada di ruang tahanan. Dia memastikan pembagian nasi cadong harus sesuai jumlah napi yamg ada di dalam sel. Dia menjelaskan, setiap narapidana sesuai dengan menu harian bakal dapat nasi dan lauk.

"Jadi videonya seakan-akan cuma telur tiga. Kalau telur digabungkan dalam ompreng, kan akan tertindih akhirnya pecah, sehingga tidak sesuai dengan apa yang kita sesuaikan dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) makanya telurnya dibagikan langsung dibagikan orang yang bersangkutan. Makanya foto dan videonya cuma separuh-separuh padahal gak seperti itu. Kan gak mungkin kami ngasih makan gak sesuai, pasti sesuaikan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya