Kemenkumham Sidak Lapas Salemba Buntut Viral Makanan Napi Tanpa Lauk

Petugas lapas mengecek makanan yang akan diberikan warga binaan di lapas
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwilkumham) DKI Jakarta melakukan sidak dan evaluasi terkait pemberian makanan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP). Hal tersebut menyusul viralnya nasi cadong warga binaan di Lapas Salemba yang isinya cuma nasi putih saja tanpa lauk.

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Kepala Kanwilkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun mengatakan evaluasi itu dilakukan untuk memastikan proses distribusi tidak mengalami kendala.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

"Terutama dalam pendistribusian agar masing-masing warga binaan dipastikan menerima sesuai dengan daftar menu sepuluh hari yang sudah terjadwal sesuai ketentuan," kata Ibnu Chuldun di Jakarta, Rabu.

Ibnu menambahkan menu makanan bagi WBP di Rutan dan Lapas naungan Kanwilkumham DKI Jakarta sudah dinyatakan memenuhi aspek gizi oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Hal itu sekaligus menepis tudingan terkait video viral makanan narapidana tanpa lauk di Lapas Kelas IIA Salemba.

"Itu hoaks. Apa yang disampaikan di medsos tidak sesuai dengan yang kami sidak. Hasil sidak sesuai dengan menu 10 hari itu," tegas Ibnu.

Dia menjelaskan menu 10 hari yang dimaksud sesuai aturan pemberian makanan kepada tahanan yang diatur Kemenkumham mencakup makanan pokok, lauk pauk hewan dan nabati, sayuran, dan buah.

Selain itu, berdasarkan hasil sidak jajaran Kanwilkumham DKI Jakarta, seluruh bahan pangan yang disuplai ke Lapas Kelas IIA Salemba sudah melewati pemeriksaan kualitas dan kuantitas.

Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun melakukan sidak ke Lapas Cipinang

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya viral di media sosial video yang dinarasikan narapidana Lapas Kelas IIA Salemba mendapatkan makanan nasi cadong atau jatah makan yang tidak layak konsumsi.

Dalam video yang beredar itu tampak wadah makan untuk WBP hanya terisi lauk pauk di bagian atas saja, sementara wadah pada bagian bawah terisi nasi tanpa adanya lauk dan sayur.

Namun pihak Lapas Kelas IIA Salemba kemudian menjelaskan bahwa alasan wadah makan pada bagian bawah tidak terdapat lauk karena bila ditumpuk akan tumpah, sehingga dipisah pada wadah lain. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya