Anies Baswedan Minta Pedagang Bijak dalam Menentukan Harga Pangan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Metro – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan empat pasar di Ibu Kota, Kamis 22 September 2022. Keempat pasar tersebut, antara lain Pasar Cipinang dan Pasar Sawah Barat, masing-masing di Jakarta Timur, Pasar Tanah Tinggi di Jakarta Pusat, dan Pasar Tebet Barat di Jakarta Selatan.

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

Usai meresmikan empat pasar itu, Anies mengimbau para pedagang pasar tradisional di DKI Jakarta agar bijak dalam menentukan harga bahan pokok yang ditawarkan kepada masyarakat. 

Sebab, menurutnya, pedagang pasar mempunyai peranan dalam menentukan harga. Jika harga yang ditetapkan terlalu mahal dan pedagang mengambil keuntungan yang cukup tinggi, katanya, dikhawatirkan akan terjadi gejolak transaksi di pasar.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

"Apabila di dalam transaksi-transaksinya itu mengambil margin yang wajar, maka pasar akan jadi sehat. Bila tidak wajar menjadi tidak sehat," kata Anies, Kamis, 22 September 2022.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Selain itu, Anies menyebutkan, fungsi pengawasan di pasar harus diperketat supaya harga yang diperjualbelikan tetap stabil. Pengawasan harga bahan pangan di pasar perlu diberlakukan untuk mengatasi gejolak tingginya harga. Seba kehadiran pasar berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.

Terjadinya lonjakan harga bahan pangan di pasar, dia mengingatkan, menunjukkan ekosistem perdagangan yang kurang baik. "Nantinya mereka harus ada proses pengawasannya, memastikan itu berjalan dengan baik. Jangan sampai kita semua berada dalam sebuah ekosistem yang tidak sehat, yang efeknya harga pangan di masyarakat menjadi tinggi,” ujarnya.

Buruh angkut beras di Pasar Induk Cipinang,Jakarta. Sumber : VIVAnews/Tri Saputro

Photo :
  • vstory

Peresmian empat pasar itu dilakukan setelah peremajaan yang dilakukan sejak dua tahun yang lalu. Dalam peresmian itu, turut hadir Dirut Pasar Jaya Tri Prasetyo, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Suhartini Eliawati, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, dan Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya