Ini Skema Pengalihan Arus Lalu Lintas Sekitar Istana Terkait Aksi 2309

 Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman
 Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

VIVA Metro – Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) akan menggelar aksi bela rakyat 2 atau Akbar 2 Aksi 2309, Jumat, 23 September 2022. Polisi pun menyiapkan pengalihan arus yang bakal dilakukan sekira pukul 09.30 WIB sampai aksi rampung.

Rekayasa pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitar Istana Merdeka. Pasalnya, aksi bakal digelar di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha alias Patung Kuda Indosat, Gambir, Jakarta Pusat. Selain itu, ada demo dari elemen lain yang juga akan digelar di Jakarta Pusat, hari ini.

"Masyarakat menuju Istana agar mencari jalan alternatif lain," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M Latif Usman kepada wartawan, Jumat, 23 September 2022.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman

Photo :
  • metro.polri.go.id

Berikut ini skema pengalihan arus yang disiapkan polisi di kawasan sekitar Istana Merdeka buntut adanya aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda Indosat:

1. Arus lalu lintas dari arah Bundaran HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan.

2. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (situasional).

Pengamanan oleh aparat di kawasan Patung Kuda (Foto ilustrasi)

Pengamanan oleh aparat di kawasan Patung Kuda (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Willibrodus (Jakarta)

3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit/Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

Sebelumnya diberitakan, Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) akan menggelar aksi bela rakyat 2 atau Akbar 2 Aksi 2309 di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Indosat), Gambir, Jakarta Pusat, Jumat 23 September.

Menurut Sekretaris Majelis Syuro Persaudaraan Alumni 212, Slamet Maarif dalam aksi ini mereka menuntut pemerintah untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak, menurunkan harga-harga, dan menegakkan supremasi hukum. 

Menurut dia, aksi bakal diikuti ribuan orang dari sejumlah kelompok masyarakat. Namun, dia belum dapat memastikan apakah Habib Rizieq Shihab (HRS) hadir dalam kegiatan tersebut.