Profil dan Agama Henry Yosodiningrat, Pengacara Polisi Hendra Kurniawan cs dan Teddy Minahasa

Henry Yosodiningrat
Sumber :
  • Instagram @henryyosodiningrat

VIVA Metro – Sidang para terdakwa Obstruction of Justice dalam kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan beberapa petinggi Polri akan dilaksanakan pada Rabu, 19 Oktober 2022 di Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tiga terdakwa Obstruction of Justice adalah Hendra Kurniawan, Agus Nurpatria, dan Irfan Widyanto. 

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Namun rupanya, mereka memilih satu orang pengacara yang sama, yaitu Henry Yosodiningrat. Sejumlah mantan anggota Polri itu pada awalnya meminta keluarga untuk menunjuknya. Namun, Henry tidak menyetujui begitu saja, ia meminta untuk bertemu secara langsung dengan para rekan Ferdy Sambo tersebut. 

Pada akhirnya, usai bertemu langsung, Henry memutuskan menerima permintaan itu. Namun bukan hanya itu, kabar terbaru yang diperoleh, Henry Yosodiningrat juga menjadi pengacara untuk Irjen Teddy Minahasa, Perwira tinggi Polri bintang dua yang baru saja menjadi perhatian publik usai diduga terlibat dalam kasus narkoba. 

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Sontak saja publik penasaran dengan sosok Henry Yosodiningrat karena menjadi pengacara untuk para petinggi Polri yang saat ini tengah terlibat kasus masing-masing. Untuk itu, berikut ulasan selengkapnya mengenai Henry Yosodiningrat yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Kehidupan Masa Kecil

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Henry Yosodiningrat.

Photo :
  • Facebook.

Henry Yosodiningrat menghabiskan masa kecilnya sampai remaja dengan berpindah-pindah sekolah. Hal ini karena mengikuti sang ayah yang sedang bertugas dengan beberapa alasan. Kemudian masa akhir SMA hingga kuliah S1, ia habiskan di Yogyakarta. Kariernya di dunia hukum sudah berjalan mulus sejak tahun 1980-an. 

Karier Henry Yosodiningrat

Pengacara dan anggota DPR dari PDIP, Henry Yosodiningrat.

Photo :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

Nama Henry Yosodiningrat sebetulnya tidak asing lagi dalam dunia advokat. Ia termasuk ke dalam jajaran salah seorang pengacara kondang di Tanah Air. Henry juga dikenal sebagai pendiri lembaga GRANAT (Gerakan Nasional Anti Narkotika). Selain itu, ia juga pernah menjadi anggota DPR Fraksi PDIP dari daerah Lampung II Periode 2014-2019. 

Sebelum itu, tahun 2007 silam Henry pernah menjadi narasumber pemerintah dalam penyusunan uji materi UU Narkotika di Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai anggota Panitia Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pelaksanaan UU Perubahan atas UU 22/1997 tentang Narkotik. 

Pernah Menikah Empat Kali

Henry Yosodiningrat

Photo :
  • Instagram @henryyosodiningrat

Sedangkan untuk kehidupan pribadinya, Henry Yosodiningrat diduga pernah menikah sebanyak empat kali. Salah satu mantan istrinya adalah artis Five Vi. Pernikahannya dengan artis Five Vi berlangsung pada tahun 2008 silam dan hanya bertahan selama satu bulan saja. Dari semua pernikahan tersebut, saat ini ia mempunyai empat orang anak. 

Kehidupan Pribadi

Henry Yosodiningrat.

Photo :
  • Henry Yosodiningrat.

Dalam akun Instagram pribadinya, ia sering membagikan potret kegiatan sehari-harinya dan pertemuannya dengan para tokoh ternama di Tanah Air. Mulai dari Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, Kapolda Metro Jaya Fadil Imran, dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengenal lebih jauh, simak biodata Henry Yosodiningrat berikut ini. 

Biodata Henry Yosodiningrat

Henry Yosodiningrat

Photo :
  • Instagram @henryyosodiningrat

Nama lengkap: Dr. H. KRH. Henry Yosodiningrat, S.H., M.H.

Tempat lahir: Krui, Lampung Barat

Tanggal lahir: 1 April 1954

Umur saat ini: 68 tahun (2022)

Agama: Islam

Orang tua: H. Abdul Muin Dulaimi dan Hj. Hayarani

Riwayat pendidikan (yang diketahui):

Sekolah rakyat Krui, Pugung Tampak

SD Negeri 1 Liwa dan di Metro

SMPN Metro

SMAN Metro 

SMAN 3 Palembang

SMA De Britto

SMA Yayasan 17 Agustus Yogyakarta

Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta 

Akun Instagram: @henryyosodiningrat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya