Jakpro Sebut Formula E Jakarta Catatkan Keuntungan Rp6,4 Miliar

Sirkuit Formula E Prix Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Direktur Bisnis PT Jakarta Propertindo (JakPro) Gunung Kartiko membeberkan bahwa keuntungan bersih yang didapatkan pihaknya selaku penyelenggara Formula E Jakarta 2022 mencapai angka Rp6,41 miliar.

Tak Lolos Jadi Wakil Rakyat, Ini Tanggapan Adelia Pasha

“Kalau kita lihat masih ada positif sebesar kurang lebih Rp6 M. Status per 30 September 2022,” kata Gunung dalam rapat Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta, Kamis, 3 November 2022.

Gunung merincikan, pendapatan usaha total yang diperoleh Jakpro dari ajang balap mobil listrik itu sebesar Rp 137,34 miliar. Selain itu, ada beban pokok penjualan total senilai Rp129,58 miliar.

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

Balap Formula E Jakarta

Photo :
  • Dok: FIA Formula E

Kemudian, terdapat pula beban administrasi dan umum sebesar Rp1,89 miliar, di samping pendapatan lain-lain senilai Rp2,12 miliar.

Pemprov DKI Tak Gelar Solat Idul Fitri di JIS

Sementara itu,  terdapat pula beban pajak final sebesar Rp1,56 miliar. Dengan demikian, angka Rp6,41 miliar menjadi laba bersih yang didapatkan Jakpro dari Formula E 2022. 

"Laporan keuangan Formula E ini belum selesai diaudit. Jadi ini laporan per 30 September 2022," ujarnya.

Sirkuit internasional Formula E Jakarta di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Photo :
  • ANTARA/Abdu Faisal

Sebelumnya, Ketua Fraksi PSI Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo meminta agar PT Jakarta Propertindo (Jakpro) segera memberikan laporan pertanggungjawaban soal ajang balap Formula E yang digelar beberapa waktu yang lalu.

Menurut Anggara, PT Jakpro sudah terlalu lama tertutup melaporkan hasil kegiatan tersebut, mengingat kegiatan itu juga menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Ini sudah sekitar empat bulan berlalu acaranya tapi jika ditanya pertanggungjawabannya Jakpro selalu menghindar. Saya pikir ini menjadi beban buat kita semua karena transparansinya sangat minim. Ingat, ada uang APBD juga di sana dan proses hukum KPK masih berjalan,” kata Anggara dalam keterangannya, Kamis 3 November 2022.

Melihat sudah terlalu lamanya PT Jakpro tertutup tentang hasil pelaksanaan kegiatan Formula E itu, pria yang kerap disapa Ara itu mendesak PT Jakpro menjelaskan pertanggungjawaban kegiatan yang dilakukan di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

“Saya harap Jakpro memberikan penjelasan kepada Badan Anggaran atau DPRD, bagaimana pertanggungjawaban pelaksanaan Formula E. Untung atau rugi dijawab saja,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya