Pengamanan Konser NCT 127 Diperketat Buntut Ancaman Bom

NCT 127
Sumber :
  • VIVA/Ichsan Suhendra

VIVA Metro – Polres Tangerang Selatan memperketat proses pengamanan dalam konser boyband asal Korea Selatan, yakni NCT 127 di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Hal ini setelah konser musik tersebut mendapatkan ancaman bom dari media sosial.

Penampakan Bom Tentara Israel Jatuh Dekat Rumah Warga Gaza, Masih Utuh

"Total itu ada 250 personel yang akan berjaga hingga besok. Namun karena adanya hal ini, ada tambahan personel untuk antisipasi proses evakuasi bilamana diperlukan," kata Kapolres Tangsel, AKBP Sarlly Sollu, kepada VIVA, Jumat, 4 November 2022.

Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Photo :
  • VIVA/Herdi Muhardi
Musisi Legendaris Tony Wenas Gelar Konser Pertama Persembahan PAPPRI


Senator AS Minta Negaranya Kirim 2.000 Pon Senjata untuk Bantu Israel Lawan Hamas
Personel evakuasi merupakan para dari dari TNI dan Satpol PP. Dimana nantinya, bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka petugas sudah bersiaga sebelum hingga konser selesai digelar.

"Kita ada petugas evakuasi, saat ini sudah berjaga di lokasi," ujarnya.

Meski demikian, Sarly memastikan hingga saat ini keadaan sangat kondusif dan aman. Ribuan NTCZen, sebutan fans boyband asal SM Entertaiment itu, sudah menunggu dimulainya konser, di area luar gedung.

Polisi pun sudah melakukan sterilisasi dan penyisiran terkait ancaman bom tersebut dengan menerjunkan tim penjinak bom dari gegana dibantu dengan anjing pelacak.

"Penonton kondusif, duduk tenang di selasar luar gedung. Mereka mau diperiksa satu-persatu," ungkapnya.

NCT 127

Photo :
  • instagram.com/nct127

Sebelumnya diberitakan, jelang konser NCT 127 2ND TOUR ‘NEO CITY : JAKARTA – THE LINK’ malam hari ini, lokasi konser tersebut digegerkan akan surat ancaman bom. Ancaman bom itu adalah surat tulisan tangan pada selembar kertas bertulisan: "ICE BSD 4 November 2022. S.O.S. 11 Orang 3 Mobil TNT TATP".

Terkait hal ini, polisi pun angkat bicara. Polisi menyebut ancaman itu dilakukan lewat media sosial. Hal itu diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan.

"Jadi itu kan melalui akun media sosial ancaman itu," kata Zulpan kepada wartawan, Jumat 4 November 2022.

Untuk diketahui, polisi mempersiapkan beberapa hal guna antisipasi kerumunan penonton konser NCT 127 2ND TOUR ‘NEO CITY : JAKARTA – THE LINK’. Mulai dari pintu darurat samai posko ksesehatan di lokasi.

"Menyiapkan posko kesehatan, pintu darurat yang banyak, siapkan pengamanan," ujar Kapolres Tangerang Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi Sarly Sollu kepada wartawan, Kamis 3 November 2022.

Dia menyebut pihaknya juga menyiapkan sistem guna bisa menghitung jumlah penonton yang masuk ke dalam area konser. Kata Sarly, berdasar surat pemberitahuan, jumlah tiket yang dijual sebanyak 8 ribu. Sementara untuk kapasitas ICE BSD yaitu sekitar 10 ribu. Sarly menambahkan pihaknya pun menerjunkan ratusan personel guna mengawal jalannya konser NCT ini.

"Sistem tiketing dengan masuk dengan sensor untuk ketahui jumlah masuk. (Diterjunkan) 250 personel," ucap Sarly.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya