Konser NCT 127 Dihentikan, Polisi: Penonton Dorong-dorongan dan 30 Orang Pingsan

Konser NCT 127 2ND TOUR ‘NEO CITY: JAKARTA – THE LINK di ICE BSD Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA Metro – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan menjelaskan kronologi dihentikannya konser NCT 127 2nd Tour ‘Neo City: Jakarta-The Link’ di Ice BSD Serpong, Tangerang Selatan pada Jumat, 4 November 2022.

Ban Mobil Dicuri saat Parkir di Mal Jakpus, Polisi Kejar Pelaku

Menurut dia, pihak kepolisian memang benar menghentikan konser NCT di BSD pada jam 21.20 WIB. Saat itu, konser sudah berlangsung kurang lebih 2 jam 20 menit mulai pulul 19.00 WIB. “Rencananya konser itu sampai jam 22.00 WIB. Dihentikan pukul 21.21 malam oleh Kepolisian,” kata Zulpan saat dihubungi wartawan.

Alasannya, kata Zulpan, konser dihentikan oleh Kapolres Tangerang Selatan langsung yang memimpin dengan pertimbangan keselamatan penonton. Karena, penonton di situ mencoba mendekat ke panggung utama atau penyanyi.

Kondisi Terkini Suami Mutilasi Istri di Ciamis Sudah Tidak Ngamuk Lagi

Baca juga: Tinjau Masjid Hadiah Pangeran MBZ Buat Jokowi, Menteri PUPR Soroti Kekurangan Ini

“Sehingga terjadi dorong-dorongan dan ada yang pingsan kurang lebih 30 orang yang pingsan di situ. Untuk menghindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan jatuhnya korban dan sebagainya, maka kepolisian menghentikan pada pukul 21.20 malam konser tersebut,” jelas dia.

Viral, Mobil Parkir di Mal Kawasan Kemayoran Velg dan Bannya Raib

Setelah itu, Zulpan menambahkan 30 orang yang sempat pingsan tersebut sudah diberikan pertolongan oleh kepolisian. Kini, mereka sudah sehat kembali. “Sekarang situasinya konser dinyatakan selesai malam ini. Panitia dan kepolisian saat ini sedang mengawasi untuk mengeluarkan penonton dari tempat acara,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, jelang konser NCT 127 2ND TOUR ‘NEO CITY : JAKARTA – THE LINK’ malam hari ini, lokasi konser tersebut digegerkan akan surat ancaman bom. Ancaman bom itu adalah surat tulisan tangan pada selembar kertas bertulisan: "ICE BSD 4 November 2022. S.O.S. 11 Orang 3 Mobil TNT TATP".

Terkait hal ini, polisi pun angkat bicara. Polisi menyebut ancaman itu dilakukan lewat media sosial. Hal itu diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan.

"Jadi itu kan melalui akun media sosial ancaman itu," kata Zulpan kepada wartawan, Jumat 4 November 2022.

Konser NCT 127 di ICE BSD Tangerang dihentikan polisi

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

Untuk diketahui, polisi mempersiapkan beberapa hal guna antisipasi kerumunan penonton konser NCT 127 2ND TOUR ‘NEO CITY : JAKARTA – THE LINK’. Mulai dari pintu darurat sampai posko kesehatan di lokasi.

"Menyiapkan posko kesehatan, pintu darurat yang banyak, siapkan pengamanan," ujar Kapolres Tangerang Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi Sarly Sollu kepada wartawan, Kamis 3 November 2022.

Dia menyebut pihaknya juga menyiapkan sistem guna bisa menghitung jumlah penonton yang masuk ke dalam area konser. Kata Sarly, berdasar surat pemberitahuan, jumlah tiket yang dijual sebanyak 8 ribu. Sementara untuk kapasitas ICE BSD yaitu sekitar 10 ribu. Sarly menambahkan pihaknya pun menerjunkan ratusan personel guna mengawal jalannya konser NCT ini.

"Sistem tiketing dengan masuk dengan sensor untuk ketahui jumlah masuk. (Diterjunkan) 250 personel," ucap Sarly lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya