Bus Gandeng Terbakar di Jakarta Timur, Begini Penjelasan Transjakarta

Ilustrasi bus terbakar
Sumber :
  • ANTARA/ REUTERS

VIVA Metro - Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) angkat suara mengenai adanya kebakaran yang terjadi pada bus gandeng milik Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) dengan nomor body PPD 0756, Rabu, 9 November 2022, di Jalan Raya Pemuda, Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

Alami Turbo Heating

Anang menjelaskan bus gandeng itu mengalami turbo heating pada bagian mesin yang mengakibatkan sensor Alat Pemadam Api Ringan (APAR) menyala.

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Bus terbakar akibat korsleting arus pendek aki.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

“Articulated bus milik Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) dengan nomor body PPD 0756 yang beroperasi sebagai armada yang beroperasi di Transjakarta mengalami turbo heating pada bagian mesin dalam bus yang mengakibatkan sensor Alat Pemadam Api Ringan (APAR) menyala. Kejadian ini terjadi pada pukul 13.55 WIB di halte Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur,” kata Anang dalam keterangannya yang diterima VIVA.

Puncak Arus Balik, 6.500 Pemudik Diperkirakan Tiba di Terminal Kalideres

Tidak Beroperasi

Anang juga mengatakan pada saat kejadian itu, bus tersebut dalam keadaan tidak beroperasi dan tidak membawa penumpang. Bus itu, kata Anang, sedang mengarah ke titik awal keberangkatan di Halte Kota (Koridor 1) setelah split out.

“Di tengah perjalanan bus mengalami turbo heating sehingga sistem bus secara otomatis menyalakan sinyal APAR pada kabin mesin sehingga terlihat seperti kepulan asap,” katanya.

Puluhan bangkai bus transjakarta terbakar di Dramaga, Bogor.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

Tidak Ada Korban Jiwa

Anang pun menyebutkan tidak ada korban jiwa dan kerusakan dalam peristiwa itu, namun hanya menyisakan residu powder yang dikeluarkan APAR dan sudah ditangani oleh petugas kebersihan yang bertugas di kawasan tersebut.

Lebih lanjut, ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut untuk menggunakan jasa moda transportasi Transjakarta.

“Karena manajemen selalu memastikan adanya kesiapan armada sebelum dan sesudah beroperasi sekaligus memperhatikan protokol kesehatan pada interior dan eksterior armada,” katanya.

Sebelumnya, berdasarkan unggahan Instagram @Jktinfo, telah terjadi kebakaran pada bagian mesin sebuah unit bus Transjakarta di Jl. Raya Pemuda, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur (titik kenal Halte Transjakarta Arion Mall).

Menurut informasi, pengemudi berhenti pada saat lampu lalu lintas berwarna merah. Kemudian terdengar suara ledakan dari mesin yang posisinya berada di bagian belakang bus. Secara sigap, ia mematikan mesin bus.

Lalu pengemudi bus lainnya melihat api dan asap dari ruangan mesin. Ia memberitahukannya kepada pengemudi bus yang terbakar. Kemudian mereka segera mengambil APAR untuk melakukan pemadaman awal.

Atas peristiwa itu, sebanyak 2 unit pompa dengan 10 personil dikerahkan ke lokasi. Sekitar 20 menit, api berhasil dipadamkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya