Sisir Kali Ciliwung, DLH DKI Temukan Gedung-gedung Masih Buang Limbah Sembarangan

Pemprov DKI dan personel gabungan menyusuri bantaran Kali Ciliwung.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA.co.id/Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta bersama personel gabungan dari Kostrad, Kopassus, Marinir, Brimob serta masyarakat menyusuri bantaran Kali Ciliwung, Jakarta Pusat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kerja bakti menuju Jakarta Bebas Sampah.

Strategi Perhutani Group Jadikan Cikole Lembang Kampung Bebas Sampah

Usai penyisiran, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto menyebutkan bahwa dia masih menemukan gedung-gedung tinggi yang masih membuang sampah ke bantaran kali.

“Saya perhatikan itu adalah ternyata gedung-gedung di Jakarta ini buang limbahnya masih ke kali. Dan tadi, sepanjang menyisir itu sampahnya banyak banget,” kata Asep kepada wartawan, Kamis, 10 November 2022.

Pemprov Jakarta Berangkatkan 12.170 Peserta dengan 279 Bus Mudik Gratis ke 19 Daerah

Pemprov DKI dan personel gabungan menyusuri bantaran Kali Ciliwung.

Photo :
  • Istimewa/VIVA.co.id/Riyan Rizki Roshali

Setelah menemukan banyak sampah dalam penyisiran Kali Ciliwung, Asep mengungkapkan, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi dan meningkatkan sarana prasarana agar ke depannya warga tidak membuang sampah sembarangan.

Kemendagri Minta Pemda Pisahkan Regulator dan Operator Pengelola Sampah

“Ini yang ke depannya juga menjadi konsen kami di mana memang pengelolaan limbah itu tidak boleh langsung dibuang ke kali,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Asep, pihaknya sudah sepakat dengan Kostrad dan Marinir untuk melakukan penyisiran Kali Ciliwung secara rutin ke depannya. 

Warga mengambil sampah yang hanyut di sungai Ciliwung

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

“Tadi kami juga sudah berkoordinasi dengan teman-teman dari Kostrad maupun Marinir, kami juga akan melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini secara rutin ke depannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar ke depannya warga lebih peduli terhadap Kali Ciliwung dalam membuang sampah.

“Semoga ke depannya warga baik gedung dan rumah tangga itu juga semakin peduli dengan sampah maupun limbah cair yang dihasilkan oleh masing-masing tempat,” ujarnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya