Drone Akan Awasi Pembuang Sampah Sembarangan di Sungai Ciliwung

Pemprov DKI dan personel gabungan menyusuri bantaran Kali Ciliwung.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA.co.id/Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Bagi masyarakat yang biasa membuang sampah sembarangan terutama di Sungai Ciliwung, kali ini harap berhati-hati. Sebab akan ada yang mengawasi setiap saat, yakni pesawat nirawak atau drone.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggunakan drone untuk memantau warga yang kerap membuang sampah sembarangan di bantaran Kali Ciliwung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto, usai menyusuri Sungai Ciliwung bersama petugas gabungan yang di antaranya Kostrad, Marinir dan Kopassus, Kamis 10 November 2022.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

“Kemarin juga mungkin teman-teman tahu dengan drone rencana kami ke depannya. Jadi lokasi mana saja yang memang warganya sering melanggar. Ke depannya kami akan menerbangkan drone-drone di sana,” kata Asep kepada wartawan.

Tumpukan Sampah di Kali Ciliwung Kawasan Kalibata

Photo :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Asep menjelaskan, penggunaan drone itu akan diterapkan setelah pihaknya masih mendapati beberapa warga atau gedung-gedung di sekitaran Ciliwung, masih membuang sampah di bantaran kali.

Selain itu, kata Asep, pihaknya akan menjalin koordinasi terlebih dahulu bersama Diskominfo DKI. Terutama untuk skema penggunaan drone tersebut.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Diskominfo terhadap berapa drone yang diterbangkan, kemudian pilotnya. Karena kan menerbangkan drone tidak bisa sembarangan,” katanya.

Lebih lanjut, Asep menyebutkan saat ini sedang melakukan pemetaan daerah mana saja yang warganya sering buang sampah sembarangan. Agar drone pengawas itu bisa digunakan.

“Saat ini kami sedang menginventarisasi daerah-daerah mana yang memang daerah warga yang sering buang sampah,” tuturnya.

“Utamanya sepanjang Kali Ciliwung itu bisa kami coba untuk terbangkan drone di lokasi-lokasi tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta bersama prajurit gabungan yakni Kostrad, Marinir, Kopassus menyusuri bantaran Kali Ciliwung, Jakarta Pusat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kerja bakti menuju Jakarta Bebas Sampah.

Usai penyisiran, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto menyebutkan bahwa dirinya masih menemukan gedung-gedung tinggi yang masih membuang sampah ke bantaran kali.

“Saya perhatikan itu adalah ternyata gedung-gedung di Jakarta ini buang limbahnya masih ke kali. Dan tadi, sepanjang menyisir itu sampahnya banyak banget,” kata Asep kepada wartawan, Kamis 10 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya