BPBD DKI Ungkap Ada 24 Pohon Tumbang Dalam Sepekan Imbas Cuaca Ekstrem

Pohon tumbang di Balai Kota DKI, Kamis, 10 November 2022.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA Metro – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu seminggu telah terjadi sebanyak 24  pohon tumbang di wilayah Ibu Kota. 

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Isnawa Adji mengungkapkan kasus pohon tumbang itu terjadi karena adanya cuaca ekstrem yang diperkirakan masih akan terjadi sampai Februari 2023.

“Menurut data Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI, terjadi sebanyak 24 kejadian pohon tumbang dengan rincian, Jakarta Selatan sebanyak 23 kejadian dan Jakarta Utara sebanyak 1 kejadian dalam kurun waktu 3-9 November 2022. Pada Kamis (10 November 2022) sore kemarin juga terjadi pohon tumbang di halaman Balai Kota akibat hujan yang disertai angin kencang,” kata Isnawa dalam keterangannya, Jumat, 11 November 2022.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Pohon raksasa di Balai Kota DKI Jakarta tumbang, Kamis, 10 November 2022.

Photo :
  • Istimewa/VIVA.co.id/Riyan Rizki Roshali

Atas adanya peristiwa pohon tumbang itu, Isnawa menyebutkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmart), Dinas Sumber Daya Air (DSDA), Satpol PP, PLN, PAM Jaya.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

“Kami perkuat koordinasi agar instansi terkait terus memantau pohon-pohon yang kondisinya sudah tua dan rentan tumbang, serta mengecek kondisi baliho-baliho untuk meminimalisir kejadian tumbang atau roboh di kemudian hari,” katanya.

Diketahui, sebuah pohon raksasa di Balai Kota DKI tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang terjadi di kawasan Jakarta Pusat, Kamis 10 November 2022.

Ilustrasi cuaca ekstrem.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Pantauan VIVA di lokasi, pohon raksasa itu berada tepat di dekat pintu masuk ke Balai Kota DKI. Terlihat pohon raksasa yang tertanam di antara keramik taman itu sudah lepas.

Lima polisi menjadi korban tertimpa pohon tumbang. Mereka mengalami luka-luka. Sekitar 55 motor yang parkir di sana turut tertimpa pohon tumbang tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya