Polisi Dalami Dugaan Keluarga di Kalideres Tewas karena Keracunan

Polisi mengevakuasi jenazah korban tewas di perumahan Citra Garden Kalideres
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Metro - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya bakal mendalami dugaan satu keluarga yang tewas mengering di Kalideres, Jakarta Barat, meregang nyawa karena keracunan.

Pria 47 Tahun Ditemukan Tewas Bawa Bungkusan Pakaian Bekas di Trotoar Margonda

Selidiki Segala Kemungkinan

Hal tersebut diungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi. Ia mengatakan polisi menyelidiki segala kemungkinan guna menguak penyebab sekeluarga ini tewas mengering.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

TKP ditemukan mayat sekeluarga di perumahan Citra Garden Extension, Kalideres

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

"Itu yang sedang kami selidiki dan teliti, dari berbagai kemungkinan," kata dia kepada wartawan, Senin 14 November 2022.

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

Minta Bantuan Forensik

Maka dari itu, mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat ini mengatakan selain melakukan penyelidikan konvensional, instansinya juga meminta bantuan forensik guna melakukan pemeriksaan toksikologi guna mencari tahu adakah dugaan mereka tewas karena keracunan. Selain itu, autopsi juga tentu dilakukan.

Polisi pun mendalami temuan semangkuk kapur barus di atas meja makan dalam kediaman sekeluarga yang tewas mengering ini. Namun, polisi tidak mau menarik kesimpulan kalau sekeluarga ini tewas keracunan karena memakan kapur barus itu. Menurut Hengki, pemeriksaan oleh forensik atas jasad sekeluarga ini perlu ditunggu hingga rampung.

"Sedang kami dalami," katanya.

Ilustrasi Jenazah.

Photo :
  • U-Report

Temukan Semangkuk Kapur Barus

Sebelumnya diberitakan, penyidik Polsek Kalideres Jakarta Barat menemukan adanya semangkuk kapur barus di atas meja makan di dalam rumah ditemukannya empat jenazah satu keluarga yang sudah berbau busuk, di Kalideres, Jakarta Barat, Kamis, 10 November 2022.

Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar mengatakan berdasarkan keterangan dokter forensik menyebutkan bahwa kapur barus digunakan untuk menyerap bau.

"Kapur barus kan ada ditemukan di TKP (tempat kejadian perkara), dokter mengatakan bahwa kapur barus bisa menyerap bau," ujar Syafri dikonfirmasi, Minggu, 13 November 2022.

Gegerkan Warga

Untuk diketahui, penemuan empat jasad yang merupakan satu keluarga di dalam sebuah rumah, gegerkan warga Kalideres Jakarta Barat pada Kamis, 10 November 2022.

Keempat orang yang ditemukan tewas dalam kondisi mengering itu yakni Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri bernama Margaretha Gunawan (58), kemudian anak dari keduanya bernama Dian (40) dan yang terakhir yakni Budyanto Gunawan, yakni ipar dari Rudyanto.

Dalam kasus ini, polisi belum bisa menyimpulkan penyebab tewasnya keempat orang itu, namun berdasarkan dari hasil autopsi, tidak ada tanda kekerasan pada empat orang itu.

Hasil autopsi juga menunjukkan, waktu meninggal dunia keempat orang itu berbeda-beda. Paling lama, ada yang meninggal dunia sejak tiga pekan lalu.

Dalam proses autosi juga diketahui tidak ada zat atau unsur makanan di organ dalam keempat korban tewas tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya