Perpadi Minta Pemerintah Serius Perhatikan Stok Beras

Wakil Ketua Perpadi, Billy Haryanto di Istana Merdeka
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Wakil Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) Jakarta Billy Haryanto, meminta pemerintah untuk serius memperhatikan stok beras

Utang Pemerintah Maret 2024 Turun Jadi Rp 8.262 Triliun, Begini Rinciannya

Dia menyebut, untuk stok di pasar beras terbesar di Ibu Kota hingga saat ini tersisa 25 ribu ton saja.

"Kalau segitu 2 minggu saja sudah habis," kata Billy, Kamis, 17 November 2022. 

Harga Beras Ekspor Vietnam Berada di Posisi Teratas Dunia

Dia menjelaskan, untuk Pasar Induk Cipinang adalah penyuplai pasokan beras di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Setidaknya, jelas dia, ada 2 ribu ton beras yang keluar dari pasar setiap harinya. Dengan kondisi itu, dia tak yakin ini akan sampai hingga akhir tahun.

Ilustrasi Stok Beras

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Mardiono: Pemerintah Fokus Rumuskan Kebijakan yang Berpihak ke UMKM

"Ini alarm bagi pemerintah bahwa kita lagi kekurangan beras. Stoknya sangat mengkhawatirkan. Baru panen lagi kan bulan Februari," kata pria yang juga pengusaha asal Sragen tersebut.

Melihat kondisi ini, ia mengaku tidak sependapat dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo yang bilang stok beras surplus akhir Oktober lalu. Dia harap, soal beras dan pangan tidak dipolitisir.

"Kurang bilang kurang cukup bilang cukup. Jangan seperti sekarang kondisi kekurangan dibilang surplus. Menteri mesti bertanggung jawab ke rakyat."

Stok yang menipis, akan berpengaruh pada harga beras. Billy mengatakan, saat ini harga Rp 11 ribu per kilogram. "Itu beras belum jadi. Belum masuk ke merek. Kalau dijual ke masyarakat lebih dari segitu," katanya. 

Diakuinya, ada beras murah dengan harga Rp 8.900 per kg. Tetapi yang menjadi persoalan, Bulog juga membatasi untuk pedagang. Sebab saat ini hanya Bulog yang bisa membantu para pedagang.

"Tapi stok Bulog juga enggak banyak. Saya pikir akan habis juga buat program beras bantuan," kata Billy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya