Pj Gubernur DKI Sebut Kendaraan Listrik Bakal Bebas Ganjil Genap di Jakarta

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zendy Pradana

VIVA Metro – Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono hadir dalam acara sosialisasi kendaraan berbahan bakar listrik,bertajuk Electric Vehicle "The Future of Indonesian Transportation", di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu, 20 November 2022. 

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Heru menjelaskan bahwa kendaraan listrik juga akan menjadi sebuah solusi untuk mengurangi polusi. Menurut Heru, nantinya kendaraan listrik di Jakarta akan bebas ganjil genap. "Kendaraan listrik juga diberikan kebebasan tidak terkena sistem ganjil genap," ujar Heru di Bundaran HI, Minggu, 20 November 2022.

Heru menjelaskan, Jakarta menjadi role model penggunaan kendaraan listrik bagi daerah lain pada dua tahun terakhir. Sebab, konversi pergantian kendaraan listrik telah ditetapkan mulai dari kendaraan umum Transjakarta hingga kendaraan dinas. 

PLN Siapkan 1.304 SPKLU di 879 Lokasi untuk Layani Kendaraan Listrik Pemudik

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Zendy Pradana

"Kendaraan listrik di Jakarta kami lakukan bertahap. Kendaraan umum dan mobil dinas sudah banyak yang kita konversi menggunakan energi listrik," ujarnya.

Neta Lirik Indonesia Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik

Dalam hal tersebut, Heru juga mendukung dan mempromosikan program ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menggandeng Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Korlantas Polri, hingga PT PLN. "Kami akan terus sosialisasikan penggunaan kendaraan listrik kepada masyarakat," kata Heru.

Sebelumnya diwartakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini Indonesia harus cepat meninggalkan bahan bakar minyak (BBM) dengan menggantinya ke bahan bakar listrik. Nantinya, menurut Budi, semua kendaran harus berbahan bakar listrik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • Tangkapan layar YouTube Kemenhub

Ia menjelaskan, motor yang berbahan bakar listrik ini juga tampil elegan dan keren. "Mengapa begitu naik motornya keren enak banget kenceng bisa ngebut dan idealismenya adalah kita harus meninggalkan pakai BBM, bahan bakar fosil itu kita tinggalkan," ujar Budi di Bundaran HI, Minggu, 20 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya