Terkuak, Ini yang Bikin Kasus Pelecehan Seks di Kemenkop UKM Susah Diungkap

Ilustrasi pelecehan seksual
Ilustrasi pelecehan seksual
Sumber :
  • Poverty Action Lab

VIVA Metro – Staf Khusus Menkop UKM Bidang Ekonomi Kerakyatan Muhammad Riza Damanik mengatakan bahwa, sejauh ini pihaknya temui titik terang dari kasus pelecehan seks yang menimpa salah satu pegawainya tersebut.

“Kasus ini sudah terjadi tahun 2019 akhir, jadi prosesnya tidak mudah untuk menelusuri dan menemukan fakta-faktanya. Namun, kita memasuki babak baru yang lebih terang benderang. Beberapa faktor yang membuat penelusuran menjadi agak panjang prosesnya di antaranya adanya Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) yang dikeluarkan oleh kepolisian; adanya perjanjian damai; adanya pernikahan; dan adanya hubungan kekerabatan yang dekat di antara para pelaku dengan orang-orang di sekitar Kemenkop UKM,” ujar Riza dalam keterangan tertulis, Kamis 24 November 2022.

Pelecehan seksual.

Pelecehan seksual.

Photo :
  • Istimewa

Kemudian, Riza menjelaskan bahwa pengungkapan kejadian tersebut telah diterimanya secara utuh dari Tim Independent yang telah dibentuknya. Ia mengatakan bahwa terdapat tujuh rekomendasi yang membuat proses peristiwa kekerasan seksual dalam lingkup Kemenkop UKM kedepannya bisa lebih baik.

"Sekaligus Kemenkop UKM bisa menjadi role model dari Kementerian/Lembaga (K/L) atau lingkungan pemerintahan yang menjalankan proses penanganan TPKS di lingkungan kerja,” tutur Riza.

Sementara itu, Ketua Tim Independen, Ratna Batara Munti menjelaskan tujuh rekomendasi yang disampaikan kepada Menkop UKM, yakni, dengan memberikan dan menetapkan Hukuman Disiplin pada PNS atas nama ZPA dan WH dengan hukuman maksimal dari Hukuman Disiplin Berat berupa pemberhentian; dan kepada EW berupa penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 1 (satu) tahun;

Ilustrasi pelecehan seksual

Ilustrasi pelecehan seksual

Photo :
  • pixabay