Peneliti Ungkap 46 Persen Polusi Udara di Jakarta Disumbang Sektor Ini

Polusi Jakarta
Polusi Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Ketua Kelompok Keahlian Pengelolaan Udara dan Limbah Institut Teknologi Bandung (ITB) Puji Lestari mengatakan, sektor transportasi berkontribusi sebesar 46 persen terhadap polusi udara. Hal itu dijelaskannya lantaran menghasilkan partikel berukuran kurang dari 2,5 mikrometer atau PM2,5 di Jakarta.

Puji menjelaskan polusi udara PM2,5 tersebut juga berkaitan erat dengan dampak pencemaran udara. Khususnya terhadap kesehatan yang bisa menyebabkan paru-paru menjadi rusak.

"Dalam kajian kami sebelumnya, sektor transportasi punya role sekitar 46 persen terhadap emisi PM2,5 di Jakarta. Jadi, sektor transportasi mempunyai peran yang sangat penting, kontribusinya cukup besar terhadap polusi udara di Jakarta," ujar Puji Lestari dalam sebuah diskusi daring di Jakarta, dikutip Kamis, 24 November 2022.

Menurutnya, berbagai studi terkait pengukuran emisi terus dilakukan, lantaran data yang tersedia saat ini sangat lemah. Salah satunya melalui remote sensing technology atau teknologi penginderaan jauh untuk mengidentifikasi emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor.

Ilustrasi polusi di Kota Jakarta

Ilustrasi polusi di Kota Jakarta

Photo :
  • Ist

Studi itu dilakukan oleh TRUE Initiative bersama ITB yang didukung Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Puji menuturkan pihaknya mengidentifikasi 187 ribu kendaraan yang tersebar pada 15 jalan tol di Jakarta; tiga koridor bus TransJakarta; dua residensial, dan satu rest area dengan durasi studi terhitung sejak Januari sampai April 2021.