5 Fakta Ruang Intel di Gedung Bareskrim Polri Kebakaran

Ruang badan intel Bareskrim Polri kebakaran
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Metro – Gedung Bareskrim Polri kebakaran Kamis malam, 24 November 2022. Api bersumber dari salah satu lantai yang diketahui diisi oleh Badan Intelkam Polri. Kebakaran ini pertama kali disampaikan oleh Petugas pemadam kebakaran Jakarta Selatan.

Oknum Polisi di Kolaka Diduga Keroyok Warga, Korban Sempat Ditodong Pistol

Indra, salah satu petugas call center pemdaman kebakaran Jakarta Selatan mengatakan, ada belasan mobil pemadam yang diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Humas Polri pun akhirnya angkt suara mengenai tragedi kebakaran di gedung reserse Polri itu. Berikut fakta-faktaya:

Mobil Kebakaran padamkan gedung Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham
Beras untuk Warga Miskin di Lombok Dikorupsi

1. Kebakaran Pukul 20.00

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Ruwanto mengatakan api muncul di gedung Bareskrim pukul 20.00 namun langsung berhasil dipadamkan.

Perjalanan Bhayangkara FC: Dari Persikubar, Merger dengan PS Polri, Juara Lalu Degradasi dari Liga 1

2. Dipadamkan 3 menit

Petugas call center pemadam kebakaran Jakarta Selatan, Suparno mengatakan api mencuat di ruangan badan intel Mabes Polri. 

"Di ruang badan Intel katanya (api terlihat), kami juga belum dapet data nya sih. Tadi ada 3 unit mobil, begitu sampai sana dipadamkan oleh pakai APAR langsung mati. paling juga 3 menit," katanya.

Ilustrasi Gedung Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

3. Kebakaran lagi

Ruang badan intel Bareskrim Polri kebakaran

Photo :
  • Istimewa

Gedung Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Jakarta, tepatnya di ruangan badan intel dilaporkan kembali kebakaran. Sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. 

"Pengerahan unit (sebanyak) 15 unit," kata Petugas Call Center  Damkar DKI Jakarta, Indra saat dihubungi, Kamis 24 November 2022.

Selain itu, sebanyak 65 personel pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah. Dalam laporan yang diterima, api kembali muncul pada pukul 22.15 WIB. "Tadi barusan jam 22.15 WIB kita dengar beritanya.Situasi (saat ini) asap tebal, proses pemadaman," kata dia.

4. Penyebab kebakaran

Kebakaran yang terjadi di salah satu ruangan Baintelkam Mabes Polri tersebut, diduga terjadi karena hubungan arus pendek baterai UPS.

"Infonya ada 2 baterai UPS yang mengalami gangguan, sehingga mengakibatkan kepulan asap saat dipadamkan dengan menggunakan APM biasa," ujar Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangan tertulis, Jumat 25 November 2022. 

Ramadhan mengatakan bahwa, baterai UPS tersebut akan dipindahkan ke luar ruangan Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam). Namun, mengalami hubungan arus pendek yang menyebabkan percikan api.

5. Tak ada yang terbakar

Ramadhan memastikan, Dalam kebakaran itu, tak ada barang - barang yang ikut terbakar.

"Tapi api sudah bisa dikendalikan dan tidak ada barang-barang lain yang terbakar," ucap Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya