Polisi Terima Pemberitahuan Reuni 212, Konsepnya Istigasah dan Salawat

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan
Sumber :
  • VIVA/FO

VIVA Metro - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengaku sudah menerima surat pemberitahuan digelarnya Reuni 212 di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Istigasah Kubro dan Indonesia Bersalawat

"Memang telah terima pemberitahuan dari panitia Reuni 212 untuk adakan acara mereka namakan itu Istigasah Kubro dan Indonesia bersalawat. Tempatnya itu di Masjid Attin di Taman Mini," kata Zulpan kepada wartawan, Kamis, 1 Desember 2022.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Massa aksi reuni 212 menggelar orasi di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

Persyaratan Sudah Dipenuhi

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Dia menyebut sejumlah persyaratan sudah dipenuhi panitia Reuni 212. Mulai dari izin Kementerian Agama sampai Satuan Tugas COVID-19. Sebanyak 10 ribu orang diprediksi bakal hadir ke sana.

"Polda Metro Jaya setelah dapat pemberitahuan juga meminta kepada panitia untuk melengkapi prosedur dalam rangka penerbitan izin kegiatan di antaranya dari instansi terkait dari Kementerian Agama, dari Satgas COVID kemudian penanggung jawab acara dan ini kan sudah dipenuhi," katanya.

Zulpan menambahkan estimasi jemaah yang disampaikan dalam pemberitahuan 10 ribu. Kemudian, kegiatannya adalah istigasah kubro dan Indonesia bersalawat.

"Jadi kegiatan keagamaan yang mereka sampaikan," katanya.

Keluarga Habib Rizieq saat Reuni 212

Photo :
  • VIVA / Willibrodus

Polisi Minta Peserta Tertib

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini menyebut kebijakan pengamanan pun sudah disiapkan. Polisi meminta para peserta Reuni 212 agar bersikap tertib selama acara kegiatan.

"Imbauannya itu kepada para peserta seperti yang disampaikan dalam pemberitahuan itu kalau acara ini konsepnya istigasah dan Indonesia bersalawat agar bisa laksanakan kegiatan ini dengan tertib, dengan damai. Kemudian tidak ganggu kepentingan masyarakat yang lain sekitar tempat acara. Polisi akan jaga dan kawal kegiatan itu," katanya lagi.

Reuni 212 rencananya bakal digelar di Masjid Agung Attin, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, Jakarta Timur, pada 2 Desember 2022 mendatang. Berdasar poster yang beredar, acara bakal dilakukan mulai dini hari pukul 03.00 WIB dan dihadiri ribuan orang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi Edy Surasa menyebut, beberapa kebijakan pengamanan pada sektor lalu lintas dipersiapkan. Diprediksi maksimal 3 ribu orang bakal hadir.

"Kami harus tahu dulu jumlah massa berapa. Kalau kira-kira hasil rapat ini estimasi sekitar 1.500 sampai 3.000 informasi seperti itu," kata dia kepada wartawan, Rabu, 30 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya