BPBD DKI Minta Warga di 9 Wilayah di Jakarta Utara Waspada Banjir Rob

Arsip Foto - Warga mengangkut air saat banjir rob melanda pemukiman Muara Angke.
Arsip Foto - Warga mengangkut air saat banjir rob melanda pemukiman Muara Angke.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

VIVA Metro – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI meminta masyarakat di sembilan wilayah di Jakarta Utara untuk mewaspadai rob hingga 13 Desember 2022.

"Akibat adanya aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan purnama mempengaruhi dinamika pesisir pantai," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta, Selasa, 6 Desember 2022.

Dia menjelaskan, aktivitas pasang air laut itu berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau rob. Adapun sembilan wilayah di Jakarta Utara untuk mewaspadai rob itu, yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

Potensi rob itu merupakan kelanjutan dari peringatan dini BPBD DKI yang dikeluarkan sejak 22 November 2022 dan diperkirakan berlanjut hingga 13 Desember 2022, berdasarkan informasi BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir.

BPBD DKI Jakarta.

BPBD DKI Jakarta.

Photo :
  • Situs BPBD DKI Jakarta

Adapun dampak rob sudah terjadi di empat Rukun Tetangga (RT), yakni masing-masing dua RT di Pluit dengan ketinggian air mencapai sekitar 20 centimeter dan di Marunda dengan ketinggian air sekitar 30-35 cm.

BPBD mencatat hingga pukul 13.20 WIB, seluruh genangan rob di wilayah DKI Jakarta sudah surut.

Halaman Selanjutnya
img_title