Bukan Kelaparan, Ini Penyebab 4 Orang Sekeluarga Tewas di Kalideres

Polisi mengevakuasi jenazah korban tewas di Perumahan Citra Garden Kalideres, Jakarta Barat.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Metro – Penyelidikan terkait penyebab tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat telah selesai dilakukan. Hasil penyelidikan mengungkap bahwa urutan jenazah yang meninggal diawali oleh Rudiyanto, Renny Margaretha, Budiyanto, dan Dian.

IRT di Kalbar Tewas Bersimbah Darah dengan Luka Tembak, Polisi Lakukan Penyelidikan

Hal itu diungkap langsung oleh Dokter Spesialis Forensik Rumah Sakit Bhayangkara Jakarta Asri M Pralebda. 

"Urutan kematian paling awal Pak Rudi, dilanjutkan dengan Ibu Renny, Pak Budi dan terakhir itu Mba Dian," ujar Asri dalam konferensi pers, Jumat, 9 Desember 2022.

Satu Jasad Korban Kecelakaan KM 58 Teridentifikasi, Bernama Najwa Ghefira

Dari hasil pemeriksaan luar dan dalam, diketahui penyebab keempat jenazah meninggal karena sejumlah penyakit kronis. Dimulai dari Rudiyanto meninggal dunia karena penyakit saluran pencernaan hingga Dian yang mengalami gangguan pernafasan.

KPK Izinkan Keluarga Temui Tahanan di Rutan saat Lebaran, Ini Jadwalnya

"Dengan jelas dan yakin sebab kematian Pak Rudi, penyakit saluran cerna, Ibu Renny kelainan payudara, Pak Budi serangan jantung akut, dan untuk Bu Dian itu gangguan pernafasan dan penyakit pernafasan kronis," jelasnya. 

"Pada keempat jenazah tidak ditemukan kekerasan dan analisa feses pada Pak Budi dan Mba Dian itu menyingkirkan penyebab kematian itu kelaparan," tandas Asri.

Polisi ungkap penyebab kematian satu keluarga di Kalideres

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Diberitakan sebelumnya, penemuan empat jasad yang merupakan satu keluarga di dalam sebuah rumah, menggegerkan warga Kalideres Jakarta Barat, Kamis, 10 November 2022.

Keempat orang yang ditemukan tewas dalam kondisi mengering itu yakni Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri bernama Margaretha Gunawan (58), kemudian anak dari keduanya bernama Dian (40) dan yang terakhir yakni Budyanto Gunawan, yakni ipar dari Rudyanto.

Tak Ditemukan DNA Lain

Hasil penyelidikan terkait dengan tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat diumumkan. Salah satu hasil penyelidikan mengungkap bahwa tidak ditemukan adanya DNA orang lain di rumah tersebut kecuali keempat jenazah keluarga.

Hal itu diungkap oleh Kabid Kimia dan Biologi Forensik (Kimbofor) Pusat Laboratorium Forensik, Kombes Pol Wahyu Marsudi dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya.

"Kami mencari jejak material biologi atau DNA selain korban di TKP, kenapa? Kalau ada jejak DNA selain DNA korban maka bisa diduga ada orang lain pernah masuk di TKP tersebut. Kita cari tahu di akses baik pintu masuk, kamar mandi, pintu keluar kita ambil DNA dan periksa di labfor ternyata tidak ditemukan DNA selain DNA keempat korban," ujar Wahyu dalam konferensi pers, Jumat, 9 Desember 2022.

Rumah TKP penemuan mayat satu keluarga di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Timur.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Kemudian, Wahyu menyebut pihaknya juga mengambil tulang iga dari keempat korban dalam rangka memastikan identitas korban sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP). Penyesuaian identitas korban juga dilakukan melalui perbandingan dengan anggota keluarga yang masih hidup.

"Kita pakai metode sibling, membandingkan korban meninggal dunia dengan keluarga yang masih hidup. Ternyata ada keidentikan, jadi keluarga masih hidup yaitu Irwanto Gunawan yang kita bandingkan dengan keempat korban. Keempat korban ternyata punya sibling atau garis kekerabatan dengan Irwanto Gunawan yang masih hidup," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya