PSI Ungkap Foto Puluhan Bus Mangkrak, Ini Jawaban Transjakarta

Bus Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA Metro – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Eneng Maliyanasari menyebutkan, dia menemukan foto terdapat puluhan bus Transjakarta tipe low entry tidak dioperasikan.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Eneng menuturkan, foto bus Transjakarta yang tidak beroperasi itu diambil di pool Transjakarta Pinang Ranti, Jakarta Timur, pukul 17.00 WIB atau jam sibuk pulang kantor.

Lantas, Eneng meminta kepada Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk melakukan investigasi terhadap Dinas Perhubungan dan PT Transjakarta.

Ketua PSI Gubeng Terekam CCTV Cabuli Gadis, Australia Desak Warganya Tinggalkan Israel

“Itu adalah aset negara yang dijaga, dirawat, dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat banyak. Jika dibiarkan menganggur, maka akan rusak, yang akhirnya menjadi kerugian negara,” kata Eneng kepada wartawan, Rabu, 14 Desember 2022.

Busway / Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Eneng menjelaskan dengan tidak beroperasinya bus Transjakarta tersebut menyebabkan gangguan terhadap pelayanan masyarakat. 

Apalagi, kata Eneng, saat ini kemacetan dan kepadatan lalu lintas telah kembali seperti sebelum pandemi.

“Masyarakat juga dirugikan karena harus lama menunggu dan berdesak-desakan saat jam sibuk akibat jumlah bus masih kurang. Transjakarta dan Dinas Perhubungan perlu menjelaskan hal ini kepada publik,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan tegas membantah. Kepala Divisi Sekretaris PT Transjakarta Anang Rizkani Noor menyebutkan, tidak ada bus yang mangkrak seperti yang disampaikan oleh anggota DPRD Fraksi PSI tersebut.

Bus Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Menurut Anang, seluruh armada Transjakarta sudah beroperasi sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Saat angka infeksi virus akibat pandemi COVID-19 sedang tinggi, banyak rute bus Transjakarta yang dikurangi untuk menghambat penularan pada 2020-2022. Saat ini sebagian besar rute sudah mulai dibuka, akan tetapi masih ada yang masih ditutup, sehingga berdampak terhadap adanya beberapa bus yang tidak beroperasi secara penuh. 

"Dengan segala keterbatasan dan kendala di operasional, Transjakarta mengatur agar armadanya tetap berjalan secara bergantian, sehingga sekitar 70 persen beroperasi, sisanya dioperasikan bergantian termasuk untuk perawatan,” kata Anang dalam keterangan resminya yang diterima, Kamis, 15 Desember 2022.

Anang menjelaskan, hingga Desember 2022 Transjakarta beroperasi di 216 rute. Dimana reaktivasi sebanyak 39 rute, pembukaan rute baru mencapai 16. “Transjakarta mengoptimalkan operasi armada bus yang sesuai kebutuhan rute dan penumpang,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya