Kualitas Udara Meningkat 50 Persen

VIVAnews - Kualitas udara di kawasan Danau Sunter meningkat 50 persen melalui program hari bebas kendaraan bermotor (car free day).

Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah Jakarta Utara, Iswardy Mudahan, mengatakan, kandungan karbondioksida (CO2) dan Hidrokarbon penyebab polusi menurun 50 persen setelah car free day digelar. Pengukuran dilakukan dengan alat ukur kualitas udara (roatside surveys of automobiles) yang dioperasikan 24 jam selama 3 hari.

Dua kali program ini diterapkan di kawasan Danau Sunter. Untuk melancarkan program ini, Minggu 14 Desember 2008, Jalan Danau Sunter Selatan ditutup selama delapan jam dari pukul 06.00 hingga 14.00 WIB. Sebanyak 13 titik jalan yang mengarah ke lokasi tersebut juga ditutup sementara. Hanya kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar yang diperbolehkan melintas di kawasan tersebut.

Catatan situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperlihatkan sekitar puluhan orang dari komunitas sepeda onthel menyemarakkan acara. Mereka mengisi kekosongan jalan dengan berbagai aktivitas. Meski demikian, protes datang dari sebagian warga yang merasakan minimnya sosialisasi program ini.