Disentil Jokowi soal ITF Sunter, Heru Budi Malah Pamer Pengolahan Sampah Anies di Bantargebang

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Rizki Riyan

VIVA Metro – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyinggung terkait proyek pengelolaan sampah atau ‘Intermediate Treatment Facility’ (ITF) di Sunter, Jakarta Utara yang hingga saat ini proses pembangunannya tak kunjung rampung.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menanggapi hal itu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan bahwa saat ini DKI Jakarta memiliki tempat pengelolaan sampah yang terletak di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Heru pun menyebutkan bahwa Bantargebang saat ini mengusung konsep Refuse-derived fuel (RDF) yang merupakan tempat Pengelolaan Sampah Terpadu menjadi bahan bakar setelah dilakukannya pencacahan dan pengeringan.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

"Kan kita sudah ada di Bantargebang. Mungkin beliau akan melihat ke sana," kata Heru Budi di Monas, Jakarta Pusat, Kamis 22 Desember 2022.

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet Kerja di Istana Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Diketahui, pengolahan sampah refuse-derived fuel (RDF) plant di TPST Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, merupakan salah satu yang digagas mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. RDF plant Bantargebang diklaim Anies yang terbesar di Indonesia. 

Pengolahan RDF pertama dibangun di Cilacap, Jawa Tengah. Namun, kapasitasnya hanya 120 ton sampah per hari. Sementara RDF plant TPST Bantargebang berkapasitas 3.000 ton sampah per hari.  

Heru Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden itu pun menyebutkan bahwa tak hanya Jakarta, seluruh Indonesia juga harus memperhatikan pengelolaan limbah sampah. "Seluruh Indonesia juga harus memperhatikan masalah sampah. Kemarin waktu di acara event itu (kata Jokowi)," tandas dia.

Seperti diwartakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyinggung proyek pengelolaan sampah atau "Intermediate Treatment Facility" (ITF) di Sunter, Jakarta Utara, yang tidak kunjung selesai, bahkan sejak dirinya menjabat gubernur DKI Jakarta. 

"Jadi gubernur di DKI, (ITF) Sunter itu kita mulai, sampai saya tidak jadi gubernur, tanda tangan pun saya belum. Padahal sudah kita rencanakan, belum [selesai]. Saya enggak tahu sekarang apakah sudah (selesai)," kata Presiden Jokowi dalam Rakernas Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) di Jakarta, Rabu, 21 Desember 2022.

Pembangunan ITF Sunter sudah direncanakan sejak 2019 dan ditargetkan selesai pada tahun ini. Namun, proyek ini gagal menemui kesepakatan dengan investor sehingga pembangunannya tertunda.

Oleh karena itu, Jokowi mendorong agar urusan sampah segera diselesaikan agar tidak menjadi kotoran di kota, sungai, dan laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya