Bukan Badai, Begini Ramalan Cuaca Menurut BMKG yang Terjadi Hari Ini

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA Metro – Baru-baru ini tersiar kabar yang mengatakan bahwa Jabodetabek akan mengalami badai dahsyat pada hari ini, 28 Desember 2022. Atas pemberitaan itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, merujuk dari sejumlah parameter fenomena alam itu mempunyai peluang yang cukup kecil untuk terjadi. 

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

"Berdasarkan Prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto yang dikutip dari laman resmi BMKG. 

Atas prakiraan cuaca itu, ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan selalu memperbarui informasi lewat kanal resmi BMKG. Meski demikian, Guswanto tetap mengingatkan masyarakat supaya tetap waspada dengan segala potensi bencana di penghujung tahun. 

BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

Analisa dinamika atmosfer laut BMKG untuk mendeteksi dini potensi cuaca ekstrem.

Photo :
  • ANTARA/HO-BMKG

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," ungkapnya.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Di sisi lain, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab mengatakan, hujan dengan intensitas sedang sampai lebat bahkan sangat lebar masih berpotensi terjadi sampai awal Januari 2023. 

Fachri juga mengingatkan peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat sampai sangat lebat berpotensi terjadi di tanggal 30 Desember 2022. Soal badai, ia menjelaskan bahwa istilah itu supaya masyarakat mempunyai pandangan yang sama soal terminologi itu. 

"Badai menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot," jelas Fachri.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Seperti diketahui, salah seorang peneliti menjelaskan bahwa potensi hujan ekstrem sampai badai dahsyat akan terjadi pada 28 Desember 2022. Potensi tersebut sontak saja membuat sejumlah masyarakat khawatir dengan bencana tersebut. 

Bahkan, PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi mengimbau seluruh masyarakat Ibu Kota untuk WFH. mengantisipasi badai dan hujan ekstrem yang berpotensi terjadi di Jabodetabek Rabu 28 Desember 2022. Namun mengenai usulan ini, Heru menyerahkan kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya