Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD DKI Akan Terapkan 2 Pola Modifikasi Cuaca

Waspada Cuaca Ekstrem
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

VIVA Metro – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta terus melakukan upaya untuk mengantisipasi adanya potensi cuaca ekstrem yang terjadi hingga awal tahun 2023.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji menyebutkan, pihaknya telah bersinergi dan membahas rencana penerapan teknik modifikasi cuaca (TMC) bersama Wings Udara 1 Skuadron 2 TNI AU, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Isnawa menjelaskan, usai melakukan koordinasi dengan pihak terkait, terdapat dua pola yang akan dilakukan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem, yang pertama metode ‘Jumping Process’.

Dishub DKI Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Akan Diumumkan Pekan Depan

Alat Untuk Modifikasi Cuaca

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

“Atau memprematurkan awan hujan untuk dicegat masuk ke wilayah Jakarta, sehingga menjadi lurug dan hujan yang terjadi hanya sekadar gerimis,” kata Isnawa kepada wartawan Rabu, 28 Desember 2022.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Isnawa menjelaskan, untuk pola berikutnya yang dilakukan yakni pola kompetisi yakni membakar bahan semaian garam. “Dengan mengganggu pertumbuhan awan dengan cara menambah inti kondensasi,” ujarnya.

Selain itu, Isnawa mengatakan TMC hanya akan efektif dilakukan mulai pagi hari hingga pukul 17.00 WIB, dengan hasil efektif akan terjadi dalam 4-15 jam. 

BPBD DKI Jakarta.

Photo :
  • Situs BPBD DKI Jakarta

“TMC dapat disiapkan untuk dilaksanakan di Jakarta, apabila sudah ada penetapan status siaga darurat oleh kepala daerah. Terhadap hal ini, BNPB menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan TMC yang dibantu oleh TNI AU, BRIN dan BMKG,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap dan siaga menghadapi ancaman potensi bencana hidrometeorologi jelang pergantian tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya