Heru Budi Resmikan Pusat Literasi Kebencanaan Pertama yang Pakai Teknologi Virtual Reality

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Sumber :
  • Pemprov DKI

VIVA Metro – Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan secara simbolis Ruang Komunikasi, Informasi dan Edukasi Kebencanaan DKI Jakarta, di Gedung Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat), Jakarta Pusat, Kamis, 29 Desember 2022.

Awas Rugi Bandar Tidak Memanfaatkan Ruang Digital

Heru menyebutkan, hadirnya Ruang KIE Kebencanaan ini merupakan program wajib Pemprov DKI dalam bidang ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“Ruang KIE Kebencanaan ini merupakan salah satu pusat literasi kebencanaan di Kota Jakarta yang menjadi bentuk nyata inovasi pelayanan publik mengenai pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana,” kata Heru Budi Hartono di lokasi.

Pemprov Jakarta Berangkatkan 12.170 Peserta dengan 279 Bus Mudik Gratis ke 19 Daerah

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • Pemprov DKI

Heru menjelaskan, Ruang KIE Kebencanaan ini merupakan pusat literasi kebencanaan pertama yang menggunakan teknologi virtual reality yang diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat demi mewujudkan budaya sadar bencana.

Di Depan AHY, Heru Budi Curhat Beratnya Pimpin Jakarta

“Mohon disosialisasikan ke seluruh masyarakat Jakarta, tidak hanya di Jakarta saja, Jabodetabek dipersilakan, mahasiswa juga boleh. Karena penanggulangan bencana itu harus dimulai dari diri kita sendiri,” katanya.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, agar bisa ikut serta mensosialisasikan keberadaan dan manfaat Ruang KIE Kebencanaan kepada satuan pendidikan maupun peserta didik pada semua jenjang pendidik di Ibu Kota.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

“Saya juga minta kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk wajib menyosialisasikan, satuan pendidikan aman bencana, di sekolah ada teorinya terus dibawa ke sini,” kata Heru.

Sebagai informasi, Ruang KIE Kebencanaan merupakan sebuah bentuk ruang literasi sebagai sarana peningkatan pemahaman serta edukasi kebencanaan, dalam bentuk wahana yang interaktif bagi warga Kota Jakarta khususnya para peserta didik. 

Para Pelajar TK, SD, SMA, Perguruan Tinggi dan masyarakat umum Jakarta dapat mengunjungi Ruang KIE Kebencanan yang beroperasi pada hari Senin-Jumat pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya