Polisi Sebut Turunan Flyover Semanggi, Tempat Jatuhnya Pesepeda Bukan Jalur Sepeda

Polisi tegur pesepeda yang keluar jalur di Sudirman-Thamrin.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Metro – Pihak kepolisian memberi penjelasan, terkait jatuhnya pesepeda Senin pagi tadi, di turunan flyover Semanggi, Jakarta. Lokasi jatuhnya pesepeda di Jalan Sudirman pagi ini, memang bukan jalur sepeda. Sebabnya, di turunan flyover Semanggi tidak terpasang lintasan jalur sepeda.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

"Memang kami masih ada toleransi. Di pagi hari kendaraan belum banyak mungkin bisa digunakan di jalur sebelah kiri agar tidak menggangu kendaraan lainnya," ujar Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Jhoni Eka Putra kepada wartawan, Senin 2 Januari 2023.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Namun, mantan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Kota Depok ini mengatakan, di atas pukul 06.00 WIB, para pesepeda diimbau mencari rute lain yang lebih aman. Sebabnya, sudah ramai pengendara roda 2 dan 4 melintasi jalan raya apalagi jalur Sudirman-Thamrin.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

"Tapi kalau sudah mulai padat jam 06.00 atau 06.30 WIB kembali ke jalur sepeda atau cari rute lain yang lebih aman. Itu lebih baik," katanya.

Pihaknya memang saat ini belum menerapkan sanksi penegakan hukum, kepada para pesepeda yang melintas di luar jalur sepeda diatas pukul 06.00 WIB. Pihaknya baru memberi teguran saja. Namun, diharap hal ini bisa dijalankan, agar kejadian serupa pagi ini tidak terjadi lagi.

"Itu imbauannya memang kami meminta masyarakat tetap di jalur sepeda. Kalau aturan penegakan hukumnya saat ini belum. Itu kan perlu dibahas, saat ini belum ada aturan untuk penegakan hukum bagi pesepeda, belum," katanya.

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial kecelakaan menimpa seorang pengendara sepeda di Jalan Sudirman, Jakarta. Salah satunya informasi tentang hal itu dimuat di akun Instagram @tmcpolda metro.

Dalam unggahannya, akun tersebut mengatakan kecelakaan terjadi Senin, 2 Januari 2022, sekira pukul 05.50 WIB. Kejadian tepatnya terjadi pada turunan Flyover Semanggi. Kecelakaan ini disebut telah ditangani petugas.

"05.50 terjadi kecelakaan lalu lintas pengguna sepeda di turunan Fly Over Semanggi menuju arah Jalan Jendral Sudirman, saat ini sedang dalam penanganan oleh petugas," demikian seperti dikutip, Senin, 2 Januari 2023.

Berdasarkan foto yang diunggah, tampak pesepeda yang mengalami kecelakaan tergeletak di jalan raya. Ada pesepeda lain yang coba menolong. Terlihat juga kendaraan yang melintas di sana coba menghindari pesepeda yang tergeletak ini. Ada polisi lalu lintas yang mengatur, agar pesepeda ini tidak sampai tertabrak karena akan dievakuasi dari tengah-tengah jalan raya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya