Dampingi Jokowi ke Pasar Tanah Abang, Heru Budi Optimis Kegiatan Ekonomi di Jakarta Tumbuh

Presiden Jokowi didampingi Pj Gubernur DKI Heru Budi kunjungi Pasar Tanah Abang.
Sumber :
  • Pemprov DKI Jakarta

VIVA Metro – Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, 2 Januari 2023. Peninjauan itu dilakukan untuk memantau perkembangan perekonomian awal tahun 2023.

Tiba di Istana, Bos Apple Tim Cook Langsung Rapat dengan Jokowi

Heru Budi mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memastikan kegiatan perekonomian di Ibu Kota akan berjalan optimal. Dia pun optimis kegiatan ekonomi di berbagai pasar bisa tumbuh dan kehidupan warga Jakarta akan sejahtera.

“Dalam mengawali 2023, kita ingin segala kegiatan masyarakat berjalan dengan semestinya, terutama di bidang perekonomian. Kami tadi bersama Presiden melihat berbagai kegiatan perekonomian dan memastikan semuanya berjalan lancar, sehingga roda perekonomian berjalan dengan baik,” kata Heru Budi.

Apple Developer Academy, Wadah Menggembleng Calon Talenta Digital

Presiden Jokowi didampingi Pj Gubernur DKI Heru Budi kunjungi Pasar Tanah Abang.

Photo :
  • Pemprov DKI Jakarta

Heru Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden itu mengimbau para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jakarta untuk terus berbenah. 

'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini

Hal ini seiring dengan arus perkembangan teknologi digital yang semakin berkembang. Lebih lanjut, Heru mengajak seluruh warga untuk lebih memanfaatkan teknologi berbasis digital dalam berusaha. 

“Pada tahun baru ini, mari kita awali dengan semangat baru, inovasi baru, serta strategi baru untuk bersama-sama memajukan roda perekonomian di Jakarta. Baik secara konvensional maupun digital, semuanya harus dioptimalkan (dalam berniaga). Untuk itu saya harap para pelaku usaha bisa terbuka dengan perkembangan teknologi,” ujar Heru.

Presiden Jokowi didampingi Pj Gubernur DKI Heru Budi kunjungi Pasar Tanah Abang.

Photo :
  • Pemprov DKI Jakarta

Sebelumnya, Presiden Jokowi berkunjung ke Pasar Tanah Abang untuk memastikan aktivitas perekonomian pada sektor rill berjalan baik. 

“Saya ingin melihat sektor riil itu bergerak seperti apa karena ini adalah pasar bagi produksi-produksi yang ada di daerah-daerah. Kalau di sini (Pasar Tanah Abang) turun, di sini berhenti, artinya produksinya juga berhenti, juga turun," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga ingin memastikan optimisme para pedagang bangkit kembali pada tahun 2023, apalagi kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) juga sudah dicabut pada bulan Desember lalu. 

Kepala Negara berharap optimisme tersebut tidak hanya terlihat di Pasar Tanah Abang, tetapi juga di sejumlah pasar lainnya di Tanah Air.  

"Tidak hanya Pasar Tanah Abang saja, tapi juga Pasar 16 Ilir di Palembang, Pasar Terong di Makassar, Pasar Beringharjo di Yogya, Pasar Turi di Surabaya, Pasar Johar di Semarang, Pasar Baru di Bandung, Pasar Gedebage di Bandung, semuanya kita harapkan muncul optimisme karena PPKM sudah dicabut," ujar Jokowi. 

Menurut Jokowi, para pedagang di Pasar Tanah Abang menyampaikan bahwa omzet barang tahun 2022 mulai membaik jika dibandingkan dengan tahun 2021. Dia berharap pada tahun 2023 aktivitas perekonomian di pasar juga mengalami peningkatan.  

"Tadi saya bertanya kepada beberapa pedagang juga menyampaikan tahun 2022 kemarin omzetnya jauh lebih baik dibanding tahun 2021. Kita harapkan 2023 juga lebih baik dari tahun 2022," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya