Truk Tinja yang Buang Limbah Sembarangan di Dukuh Atas Diburu

Ilustrasi truk pengangkut tinja
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Metro – Viral sebuah video di media sosial yang merekam sebuah truk tinja kabur usai kepergok membuang tinja sembarangan di daerah Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Video viral itu diunggah oleh akun Instagram @fakta.jakarta pada Senin 9 Januari 2023.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Menanggapi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta kini tengah memburu truk tinja yang terekam membuang limbah sembarangan. 

“Sedang kami buru. Sudah ketahuan punya siapanya,” kata Kepala Seksi Humas DLH DKI Jakarta Yogi Ikhwan kepada awak media, dikutip Selasa 10 Januari 2023.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Yogi mengatakan sopir truk ataupun pemilik dari usaha jasa tersebut kini terancam dikenakan sanksi. Adapun sanksi yang bakal diberikan yakni membayar denda hingga pencabutan izin usaha.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

“Paling kita cek perizinannya terus sanksi administrasi. Tapi dilihat dulu, dia (pelaku pembuang tinja) sudah sering ngelakuin atau engga,” ucap dia.

“Mungkin sekali melakukan lebih ringan sanksinya, tapi kalah udah kejadian berulang kali di perusahaan yang sama atau pemilik yang sama sanksinya bisa lebih berat,” sambung dia.

Lebih lanjut, Yogi menjelaskan nantinya ketika pelaku atau sopir yang membuang tinja sembarangan itu sudah ditangkap, penyidik dari DLH akan melakukan pemeriksaan kepada pengemudi dan dokumen-dokumen perizinan.

“Nanti kan bisa kita telusuri tuh sama Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) ditelusuri, di mana kejadiannya, terus kenapa buang itu, terus berapa kali dia buang itu. Nanti kita telusuri kita selidiki,” jelas dia.

Sebelumnya, viral sebuah video yang memperlihatkan truk tinja kabur usai dipergoki membuang tinja sembarangan. Kejadian itu disebut terjadi di gorong-gorong drainase di depan halte Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

“Nih mobil yang buang tinja sembarangan di jalan ya. Dipergoki langsung kabur,” kata perekam yang videonya tayang di akun Instagram @fakta.jakarta.

Dalam video itu juga terekam nomor polisi dari truk tersebut yakni B 9458 SO. Perekam pun meminta agar pihak terkait bisa menindaklanjuti dari adanya pembuangan tinja sembarangan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya