Bus Transjakarta Mogok di Perlintasan KA Kebon Jeruk, Perjalanan KRL Sempat Terganggu

Bus Transjakarta mogok di perlintasan kereta Green Garden, Jakarta Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

VIVA Metro – Bus Transjakarta koridor 8 dengan rute Harmoni menuju Lebak Bulus, mengalami mati mesin dan mogok tepat di perlintasan kereta api (KA) Green Garden, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis, 12 Januari 2023.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan, akibat kejadian tersebut sempat membuat perjalanan satu kereta bandara dan lima kereta rel listrik (KRL) rute Duri-Tangerang terganggu untuk proses evakuasi.

"Kereta api (KA) yang sempat tertahan selama proses evakuasi bus itu ada satu KA bandara dan 5 perjalanan KRL lintas Duri-Tangerang," ujar Eva dalam keterangannya kepada awak media, Kamis, 12 Januari 2023.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Bus Transjakarta mogok di perlintasan kereta Green Garden, Jakarta Barat.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Eva mengatakan, beberapa perjalanan KRL mengalami keterlambatan ke tempat tujuan selama setengah jam akibat adanya bus Transjakarta yang macet tersebut.

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Menurut Eva, kejadian bus mogok di perlintasan itu terjadi pada pukul 07.10 WIB. Proses evakuasi terbilang cepat, tidak sampai satu jam, petugas kepolisian dari Satlantas Jakarta Barat berhasil mengevakuasi bus mogok tersebut.

"Sudah normal sekarang. Itu hanya pada saat kejadian, sekarang sudah dilakukan pengaturan perka (perjalanan kereta api) lagi," ujarnya.

Kereta KRL Commuter Line bersiap lewati perlintasan sebidang di Jatinegara. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Eva mengatakan, tidak terjadi kecelakaan dalam kasus tersebut. Pihaknya berhasil koordinasi dengan KRL dan masih aman untuk dilakukan instruksi berhenti.

"Nah kalau Transjakarta itu pada saat mogok, itu kebetulan jarak KA yang melintasnya masih jauh, jadi bisa dikoordinasikan untuk berhenti,” ujarnya.

Menurut Eva, dengan adanya bunyi sirine di perlintasan dan palang pintu sudah ditutup, artinya kereta sebentar lagi akan lewat dan tidak bisa dilakukan pemberhentian mendadak.

"Kalau udah seperti itu, dia tidak bisa tiba-tiba berhenti, dia akan tetap lanjut, karena kalau nggak, ini risikonya ribuan orang yang dibawa itu, kalau KA nya terguling," ujarnya.

Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Mujiyanto mengatakan, bus berhasil dievakuasi petugas kepolisian agar tidak terjadi kecelakaan yang mengancam banyak jiwa para penumpang kereta maupun bus Transjakarta.

"Posisi kendaraan busway Transjakarta koridor 8 rute Harmoni ke Lebak bulus bernopol B-7141-SGA mogok tepat di tengah perlintasan kereta api," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya