Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Rp11,4 Miliar Buat Beli 20 Sepeda Listrik dan 324 Motor Listrik

Ilustrasi sepeda listrik.
Sumber :
  • Dok: Reevo Bikes

VIVA Metro – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana pagu 2023 sebesar Rp11.419.351.760 untuk penyediaan Kendaraan Dinas Operasional (KDO).

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, menjelaskan dari jumlah tersebut akan dibelikan 20 unit sepeda listrik total senilai Rp321.900.000. 

"Cuma 20 (unit) untuk patroli bersepeda untuk CFD ya," ujar Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin di DPRD DKI Jakarta kepada wartawan, Rabu 18 Januari 2023.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Arifin mengatakan sepeda listrik itu digunakan untuk pihaknya melakukan patroli selama kegiatan car free day (CFD). Dia juga menyebut bahwa sepeda listrik itu praktis dalam penggunaannya.

Misteri Motor di Jembatan Suramadu, Pengendaranya Anak Stres

"Bayangkan yang naik sepeda ini tiap waktu dia keliling dari mulai Balkot sampai ke Patung Pemuda Senayan, kemudian juga wanita Srikandi. Kan gowes terus. Kalau sepeda listrik itu kan ada yang bisa memang manual ketika listriknya dimatikan, kalau dia membutuhkan dia bisa pakai listriknya gitu lho. Untuk membantu kelancaran tugas mereka," kata dia.

Adapun rinciannya, lanjut Arifin, yaitu satu unit sepeda listrik seharga Rp14,5 juta dengan spesifikasi 250 W dan Baterai 36 V.

Selain sepeda listrik, Satpol PP juga menganggarkan pembelian 324 unit sepeda motor patroli matic senilai Rp11 miliar. Rinciannya, satu unit motor seharga Rp30,8 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya