Dinas Bina Marga DKI Sebut Skywalk Kebayoran Lama Terpanjang di Jakarta, Ini Fasilitasnya

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Skywalk Kebayoran Lama Jakarta sudah siap secara struktur, fungsi maupun fasilitas penunjang untuk beroperasi. Jembatan penyeberangan orang tersebut juga sudah siap untuk diresmikan dalam waktu dekat.

Asyik Nih! Hari Ini hingga Besok, Naik TransJakarta, MRT, dan LRT Cuma Bayar Rp1!

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengklaim proyek yang pembangunannya dimulai sejak 23 Maret 2022 sampai 30 November 2022 ini merupakan skywalk terpanjang di Jakarta mencapai 450 meter.

"Skywalk Kebayoran Lama ini terpanjang di Jakarta dengan total 450 meter, dibanding Skywalk Poins Square di Lebak Bulus yang panjangnya 300 meter," kata Hari dalam keterangannya, Kamis, 19 Januari 2023.

Polisi Buka Suara soal Bocah 7 Tahun Matanya Digigit Anjing Tetangga di Jaksel

Hari mengatakan, penggunaan Skywalk Kebayoran Lama saat ini difungsikan untuk integrasi antara pengguna Stasiun Kebayoran Lama dengan Halte Transjakarta Velbak.

Ilustrasi penumpang KRL.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Mulai Berlaku Besok, TransJakarta ke Bandara Soetta hingga Jam 12 Malam

Lanjut Hari, Skywalk ini juga mendukung terciptanya sistem transportasi perkotaan yang terintegrasi dengan baik, mempermudah mobilitas maupun pergerakan aktivitas masyarakat.

Dengan hadirnya Skywalk ini diharapkan dapat mengalihkan masyarakat dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum.

"Semoga hadirnya Skywalk Kebayoran Lama ini dapat bermanfaat dan digunakan oleh warga khususnya pengguna transportasi umum," ujar Hari.

Bus Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Berikut data teknis dan fasilitas yang tersedia di Skywalk Kebayoran Lama:

- Panjang total 452 meter

- Dilengkapi tiga buah lift berkapasitas satu ton yang mampu melayani 8-10 orang (disabilitas, ibu hamil dan lansia).

- Dilengkapi dua unit eskalator untuk mempermudah akses menuju Halte Velbak sepanjang 18 meter.

- 13 unit kamera pengawas (CCTV) yang tersebar di sepanjang skywalk untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna.

- 200 lampu LED dan 215 lampu RGB yang dapat menambah nilai estetika pada malam hari.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta saat itu, Anies Baswedan meninjau proyek jembatan layang penyeberangan orang di Lebak Bulus dan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa, 11 Oktober 2022. 

Dalam sambutannya, Anies menyebutkan bahwa proyek skywalk ini nantinya akan mempermudah warga dalam mengakses moda transportasi dan fasilitas yang ada di sekitarnya.

"Pagi hari ini kita bersyukur bisa sama-sama menyaksikan proses penuntasan dari skywalk yang dibangun antara stasiun Lebak Bulus dengan Point Square. Jadi ini contoh konektivitas itu dituntaskan untuk memudahkan bagi warga Jakarta di dalam berkegiatan mobilitas. Harapannya ini akan bisa diikuti oleh berbagai tempat yang lain," kata Anies kepada wartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya