Rawan Kecelakaan, 5 U-Turn di Kawasan GDC Akan Ditutup Dishub Depok

Dishub Depok akan tutup beberapa u-turn di dekat GDC.
Dishub Depok akan tutup beberapa u-turn di dekat GDC.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rahmad Ari Prakoso (Depok)

VIVA Metro – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok akan menutup beberapa u-turn di sepanjang Jalan Boulevard GDC Depok, Jawa Barat. Langkah itu diambil lantaran ada laporan dari warga bahwa di putaran tersebut rawan terjadi kecelakaan.

“Ada keluhan dan laporan warga terkait sering terjadinya kecelakaan di Jalan Boulevard GDC karena semenjak jalan dibeton, masyarakat mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi,” kata Kepala Bidang Bimkestib Dishub Kota Depok Ari Manggala saat ditemui di kantornya, Selasa, 24 Januari 2023.
 
“Berdasarkan Permenpu Nomor 19/PRT/M/2011 tentang Persyaratan Teknis Jalan dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan, jarak u-turn itu seharusnya 500 meter namun setelah dievaluasi ternyata jarak antar u-turn ini terlalu dekat," ujarnya.

Dia menambahkan, "Hal inilah kemungkinan salah satu yang menjadi penyebab seringnya terjadi kecelakaan. Selain itu berdasarkan data laka lantas Polres Depok tingkat kecelakaan di GDC cukup banyak."  

Dishub Depok akan tutup beberapa u-turn di dekat GDC.

Dishub Depok akan tutup beberapa u-turn di dekat GDC.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rahmad Ari Prakoso (Depok)

Setelah melakukan rapat zoom, dinas perhubungan bersama perwakilan warga dan juga meninjau ke lapangan bersama Polres Metro Depok, kecamatan dan kelurahan. Untuk sementara ini akan ada 5 putaran u-turn dari sebelumnya 6 u-turn yang akan segera ditutup untuk mengurangi angka kecelakaan di sana.

Lebih lanjut, Ari menjelaskan, akan ada 5 putaran u-turn yang akan segera ditutup dari total 13 putaran yang ada. Pertama putaran U-Turn jembatan Mandor Samin, U-Turn Gedung PGRI, U-Turn Al Azhar, U-Turn Cluster De’Caspia, U-Turn Lantara.

“Setelah melakukan sosialisasi dengan warga sejak kemarin baik itu melalui kelurahan,  kecamatan, videotron, dan social media, rencananya penutupan 5 titik putaran u-turn ini akan dilakukan besok siang,” ujar Ari.

Halaman Selanjutnya
img_title