Kata Irjen Fadil, Street Race Ampuh Turunkan Jumlah Balapan Liar di Jadetabek

Peserta melintasi trek balapan Street Race di Kemayoran, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

VIVA Metro – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan, jumlah balapan liar di wilayah Jadetabek terus menurun. Hal itu karena upaya Polda Metro Jaya yang menggelar rangkaian kegiatan street race dibeberapa wilayah. 

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

"Dari data yang kami miliki, jumlah balapan liar itu, baik dan lokasi maupun jumlah balapan itu berkurang," kata Fadil Sabtu, 27 Januari 2023. 

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?

Fadil mengatakan, dari ajang street race ini juga semakin menunjukkan kemajuan. Salah satunya dari sisi peserta yang berpartisipasi. 

"Semakin hari banyak kemajuan, jumlah peserta. Kemudian tadinya cuma dari Jabodetabek, sekarang datang dari luar Jawa," ujarnya.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Peserta memacu sepeda motornya dalam street race di Ancol.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.

Fadil menuturkan ajang street race itu  juga bisa menjadi ajang edukasi bagi masyarakat lain. Nantinya, komunitas yang hadir di gelaran tersebut bisa mengedukasi komunitas lainnya yang kerap melakukan balapan liar. 

"Tentunya yang tadinya mereka ini tidak begitu kenal dengan Polda Metro Jaya, sekarang justru bisa menjadi perpanjangan Polda Metro Jaya mengedukasi teman-temannya," katanya. 

Fadil melanjutkan, gelaran street race Polda Metro Jaya direncanakan akan menjadi program berkelanjutan. Itu dilakukan agar balapan liar yang bukan hanya menggangu tapi juga membahayakan nyawa bisa dihilangkan. 

"Mudah-mudahan semakin hari model balap liar yang mengganggu dan menyebabkan kecelakaan hingga kematian kepada generasi muda bisa kita kurangi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya