Tinjau Penanganan Stunting di Cilincing, Heru Budi: Anak-anaknya Ceria

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Metro – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau kondisi anak yang mengalami stunting di RPTRA Rumah Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Triputra Persada Hijau, Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa, 31 Januari 2023. 

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Heru menyebutkan, terdapat 134 anak yang dinyatakan lulus dari rawan kasus stunting di Kecamatan Cilincing. Hal itu, menurut Heru, berkat bantuan dari sejumlah pihak, termasuk dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Dengan adanya Pak Lurah, Pak Camat, Pak Wali Kota, jajaran Bu Kepala Dinas yang turun langsung maka tingkat keberhasilannya itu di Cilincing sudah lulus dari kasus rawan stunting kira-kira 134 anak," kata Heru kepada wartawan, Selasa, 31 Januari 2023.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Usai Sidak Pegawai Pemprov

Photo :
  • VIVA/ Riyan Rizki Roshali

Heru melanjutkan, kondisi anak yang mengalami stunting sehat dan ceria. Namun, tinggi badan anak-anak tersebut memang kurang dari standar organisasi kesehatan dunia (WHO).

Bacok Penjual Nasgor di Cilincing hingga Tewas, Bucing Terancam Hukuman 15 Tahun Bui

"Tadi saya diskusi dengan bu dokter Hesti, anak-anaknya ceria. Cuma kadang pendeknya kurang 2-3 cm. Kurang 1 cm sesuai standar WHO (tapi) mereka ya sehat normal. Tidak seperti yang saya bayangkan kondisinya," katanya.

Di RPTRA, Heru mengatakan, ditemukan 50 kasus anak yang mengalami stunting. Sebanyak 21 anak dinyatakan telah selesai penanganan dari kasus stunting. Mereka yang sudah dinyatakan tak mengalami stunting diberi sertifikat yang menandakan anak telah mencapai status gizi tinggi.

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono kunjungi RSUD Pasar Minggu.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Sementara itu, 29 anak lainnya masih berjuang lulus dari stunting. Heru tampak berbincang dengan orang tua anak yang mengalami stunting.

Dalam kunjungannya, mantan Wali Kota Jakarta Utara itu didampingi sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta, antara lain Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, hingga kepala puskesmas setempat. 

Heru tampak meninjau satu per satu layanan posyandu, mulai penimbangan, pencatatan, hingga penyuluhan pelayanan kesehatan.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Heru mengatakan terdapat 777 anak rawan stunting di Cilincing dengan persentase kesembuhan sebesar 17 persen.

"Terkait dengan hasil rapat kemarin saya dengan BKKBN dan BPS di mana saya ingin melihat langsung kondisi stunting dan penanganannya. Jadi di Cilincing itu di kelurahan dan kader yang membantu itu aktif. Maka ditemukan sementara waktu 777 yang rawan ya, rawan stunting," kata Heru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya