Bertemu Menkes, Heru Budi Bahas Penanganan Stunting di Jakarta

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Usai Sidak Pegawai Pemprov
Sumber :
  • VIVA/ Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat pimpinan (Rapim) yang dihadiri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Rapim tersebut digelar di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 1 Februari 2023.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

Heru Budi mengatakan bakal membahas penanganan gizi buruk atau kasus stunting yang melanda anak-anak di Ibu Kota. Hal itu dilakukan Heru untuk menangani kasus stunting di berbagai wilayah DKI Jakarta.

"Pak Menkes bersama jajarannya dan tentunya saya bersama seluruh kepala dinas (DKI) membahas terkait dengan secepat mungkin menyelesaikan stunting," kata Heru.

Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu membeberkan, langkah pertama untuk menangani kasus itu adalah sinkronisasi data milik eksekutif Jakarta terkait jumlah anak yang mengidap stunting di Ibu Kota.

Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki
Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Data itu disinkronisasi dengan data milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Selain itu, ada juga data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Yang pertama adalah sinkronisasi data. Kami sudah punya (data), Pak Menteri (Budi Gunadi) sudah punya, tinggal dikombinasikan saja," katanya.

Sementara itu, Menteri Budi Gunadi meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menyuplai vitamin dan makanan kepada anak-anak yang duduk di kelas 1 SMP. Hal itu bertujuan sebagai upaya penanganan kasus stunting. "Tadi Pak Menteri (Budi Gunadi) memerintahkan kelas 7 SMP diberikan makan tambahan dan vitamin," kata Heru.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono akan turun langsung ke RW-RW untuk penanganan masalah stunting. Ini menjadi komitmen pemerintahannya, untuk mengatasi permasalahan itu di Provinsi DKI Jakarta. 

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono kunjungi Pasar Kramat Jati, Jaktim.

Photo :
  • Viva.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Dia juga berpesan kepada seluruh orangtua di DKI Jakarta, agar menjaga kesehatannya termasuk anak-anak. "Saya titip pesan ke ibu-ibu dan bapak dari anak-anak. Jaga kesehatan dan ibunya juga harus jaga kesehatan. Itu kalau anaknya sudah lahir. Kalau ibunya masih mengandung itu yang kita intervensi juga," kata Heru dalam keterangannya, Rabu, 1 Februari 2023.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, lanjut Heru, terdapat 777 kasus rawan stunting di Cilincing dengan persentase kesembuhan sebesar 17 persen.

"Terkait dengan hasil rapat kemarin saya dengan BKKBN dan BPS di mana saya ingin melihat langsung kondisi stunting dan penanganannya. Jadi di Cilincing itu di kelurahan dan kader yang membantu itu aktif. Maka ditemukan sementara waktu 777 yang rawan ya, rawan stunting," kata Heru.

Kendati demikian, terdapat 134 anak yang dinyatakan lulus dari rawan kasus stunting di Kecamatan Cilincing. Hal itu, menurut Heru, berkat bantuan dari sejumlah pihak, termasuk dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Dengan adanya Pak Lurah, Pak Camat, Pak Wali Kota, jajaran Bu Kepala Dinas yang turun langsung maka tingkat keberhasilannya itu di Cilincing sudah lulus dari kasus rawan stunting kira-kira 134 anak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya