Trafo Pertamina Senilai Rp 1 M Dicuri

kilang minyak
Sumber :
  • www.dpi.vic.gov.au

VIVAnews - Tiga unit trafo pembanglit listrik milik PT Pertamina dicuri. Trafo senilai Rp 1 miliar lebih itu berada di pengeboran minyak lepas pantai, perairan Pulau Sabiran, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Polisi Perairan Polda Metro Jaya, Jumat 11 Juni 2010, berhasil membekuk pelaku pencurian trafo yang berfungsi untuk penerangan dan pembangkit tenaga sedot itu. Pencuri dibekuk di Muara Nawan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Edion mengungkapkan, pelaku yang ditangkap ada empat orang.

"Mereka kami tangkap dalam sebuah kapal nelayan berlogo SA Jaya di Muara Gembong. Dan mereka tak bisa menunjukkan dokumen tiga unit travo itu," ucapnya.

Menurut Edion, trafo itu mampu menyedot 35 ribu barel minyak perhari. "Bisa dibayangkan kerugian akibat pencurian ini. Mereka kita jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara," paparnya.

Para tersangka masing-masing Dedi Rosadi, Siman, Wawan, dan Darto. "Modus yang mereka lakukan dengan memanjat menara setinggi 25 meter, lalu menurunkan trafo itu menggunakan bambu dan tali," papar Edion.

Diungkapkan Edion, harga satu unit travo tersebut senilai Rp 350 juta. Itupun harus dipesan selama 3 bulan. Ironisnya, kawanan pencuri itu, menjual travo itu dengan cara dijual perkilo.

"Mereka hanya dapat 3-4 juta saja dari satu unit trafo. Sedangkan kerugian akibat perbuatan mereka mencapai miliaran rupiah," ungkap Edion.

Tersangka Dedi Rosadi yang menjadi otak kawanan pencuri ini, mengaku akan menjual travo itu di daerah Cilincing Jakarta Utara, seharga Rp 35 ribu per-kilo. Sedangkan berat satu unit travo itu diperkirakan mencapai 100 kilogram. (sj)

Laporan: Arnes Ritonga  l Jakarta Utara

Prabowo Berkelakar Singgung Senyuman Berat, Anies: Kan Beliau yang Alami, Kita Biasa Aja
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pekerjaan rumah bidang kesehatan di Indonesia diantaranya penanganan stunting. Menurut dia, angka stunting memang saat ini sudah

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024