Irjen Fadil Ungkap Peran Penting RW: Urus Warga dari Lahir hingga Meninggal

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Konpres Pembunuhan di Bekasi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran mengatakan Rukun Warga (RW) punya fungsi penting dalam suatu lingkungan. Kata dia, segala urusan masyarakat pasti melibatkan RW mulai dari lahir hingga meninggal dunia.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Hal tersebut diungkap dalam pertemuan dengan Ketua Rukun Warga (RW) se-Jakarta Selatan bersama Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan Pangdam Jaya, Mayjen TNI Untung Budiharto. 

"RW ini sangat penting peranannya. Dalam beberapa kesempatan peran RW ini luar biasa, apa yang nggak diurusi oleh RW. Dari urusan lahir sampai dikebumikan ini urusannya sama RW, dari urusan mau kawin sampai ngawinin anak, pokonya semuanya," ujarnya kepada wartawan, Minggu 5 Februari 2023.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Petugas (kanan) melayani warga yang mengurus surat pemindahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau formulir A5 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Senin, 8 April 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Peran RW diibaratkannya seperti ujung saraf. RW disebut bisa merasakan, mendengarkan, melihat secara langsung harapan warga dan kejadian di lingkungan warga. Agar ujung saraf ini berfungsi dengan baik, lanjut Fadil, maka Bhabinkamtibmas dan Babinsa hadir menemani.

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

"Betapa pentingnya peran RW tapi kalau RW ibratkan manusia ini menjadi kecamatan ini menjadi bagian-bagian tubuhnya. Jadi kalau Jaksel ada Setiabudi. Ini lah organ-organ tubuhnya. Lalu RW sebagai apa? Kalau dia sebagai jari maka dia akan menjadi ujung jadi, ujung urat saraf dari kita semua dari komponen pemerintah pemprov DKI Jakarta yang diketuai oleh bapak Gubernur," katanya.

warga dan perusahaan diskusi membahas mengenai status jalan dahwa Jatiuwung

Photo :
  • Dok. Istimewa

Lebih lanjut eks Kapolda Jawa Timur ini mengatakan, tujuan pertemuan hari ini tidak lain untuk saling kenal satu sama lain. Kata Fadil, agama mengajarkan untuk terus memperkuat silaturahmi karena dampaknya memperpanjang umur, membuka pintu rezeki. 

"Dari silaturahmi ini, saling kenal ini, saya berharap kita semua bisa saling mendengarkan, berkeluh kesah, apa yang perlu didengarkan oleh kami-kami. Saya bersama jajaran siap mendengarkan bapak dan ibu sekalian ketua RW," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya