Banjir Setinggi 40 cm di Cilandak Jaksel, Diduga Ada Kebocoran dan Gangguan Resapan Air

Banjir di depan RS Fatmawati, Jakarta, setinggi 40 cm.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

VIVA Metro – Sejumlah wilayah Jakarta Selatan diguyur hujan deras sejak Selasa 7 Februari 2023 siang tadi. Akibat hujan deras itu, sejumlah wilayah Jakarta Selatan pun dilanda banjir hingga ketinggian 40 sentimeter.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Adapun salah satu titik banjir akibat guyuran hujan deras itu yakni kawasan Jalan Raya Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan.

Dalam video yang diterima VIVA tampak satu motor Yamaha Nmax mati mesin akibat menerobos banjir setinggi 40 sentimeter itu. Salah satu warga mengatakan bahwa banjir tersebut menyebabkan lalu litas macet total di sekitaran Jalan Raya Fatmawati.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Kondisi Macet di Kawasan Fatmawati Jakarta Selatan

Photo :
  • Instagram/ @bektimasbek

Sementara itu, Camat Cilandak, Djaharuddin, mengatakan bahwa diduga penyebab banjir tersebut yakni adanya kebocoran yang keluar dari tembok pembangunan ruko tepat berada di sekitaran Rumah Sakit Fatmawati.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

"Ternyata ada air yang bocor dan keluar dari tembok, dari pembangunan ruko-ruko yang samping RS Fatmawati," ujar Djaharuddin saat dikonfirmasi, Selasa 7 Februari 2023.

Ia pun menegaskan bahwa akibat kebocoran itupun kemudian diikuti adanya gangguan pada sumber resapan air di kawasan Jalan Raya Fatmawati. Djaharuddin pun mengatakan, beruntung sekira pukul 16.30 WIB banjir sudah surut dan lalu lintas kembali normal.

"Sekarang sudah surut total ya banjirnya. Surutnya tadi jam setengah limaan," beber dia.

Djaharuddin menjelaskan puluhan petugas Sumber Daya Air dan juga Petugas Penanganan Prasana dan Sarana Umum (PPSU) Jakarta Selatan pun dikerahkan untuk membantu penanganan banjir tersebut.

"Evaluasinya, kita akan melakukan semua saluran yang ada di sekitar lokasi genangan. Mungkin ada beberapa saluran-saluran yang tersumbat," tukas Djaharuddin.

Sementara itu Isnawa Adji memang telah mengeluarkan data sejumlah titik banjir yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Dalam hal itu, terdapat lima lokasi yang terdampak akibat hujan deras siang tadi.

Adapun kelima titik lainnya yang terdampak genangan itu yakni : 

1. Jl. T.B. Simatupang , Kel. Cilandak Barat Kec. Cilandak, Jakarta Selatan 
Ketinggian: 40 cm
2. Jl. R.A. Kartini ,Kel. Cilandak Barat, Jakarta Selatan
Ketinggian: 30 cm
3.Jl. RS Fatmawati ,Kel. Cilandak Barat, Jakarta Selatan 
Ketinggian: 40 cm
4.Jl. RS. Fatmawati Raya, Kel. Pondok Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan 
Ketinggian: 40 cm
5. Jalan Andara I, RT.1/RW.3, Kel. Pondok Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Ketinggian : 30 cm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya