Heru Budi dan Menhub Bertemu, Bahas LRT hingga Stasiun Tanah Abang

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Metro – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menggelar rapat pimpinan (rapim) bersama dengan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Heru Budi menyampaikan, dalam pembahasan rapat tersebut, keduanya membahas tentang proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta rute Velodrome-Manggarai hingga MRT Jakarta east-west fase III.

"Pak menteri, para pejabat di Kemenhub kami bersama pak menteri dan jajarannya membahas tiga hal, pertama LRT Kelapa Gading- Manggarai. Berikutnya adalah stasiun Tanah Abang, ketiga terima kasih Kemenhub memberikan arahan east-west MRT," kata Heru Budi kepada wartawan, Selasa 7 Februari 2023.

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

"Terkait Stasiun Tanah Abang, ada banyak tugas-tugas dibagi tiga, PUPR, Kemenhub dan kami dari DKI turut serta dalam pengembangan stasiun Tanah Abang," ujarnya menambahkan.

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali
Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Sementara itu, Menhub Budi menuturkan pihaknya menyambut baik keinginan dari Pj Gubernur DKI Jakarta untuk memaksimalkan moda transportasi di DKI Jakarta.

"Saya senang sekali bahwa Gubernur DKI berinisiatif untuk menggalakkan angkutan massal. Kita memang punya target memaksimalkan angkutan massal yang ada di pusat perkotaan," katanya.

Budi menilai, ide membangun proyek LRT yang menghubungkan kawasan Velodrome di Jakarta Timur dengan kawasan Manggarai langkah yang baik. Sebab, Manggarai merupakan pusat pergerakan warga dari luar dan dalam kota Jakarta.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Prasetya Yudha

"Dari Manggarai penumpang antar kota bisa ke Depok, bisa ke Bogor bisa ke Tangerang dan ini tambahan satu titik bisa ke Kelapa Gading atau Pegangsaan. Saya pikir ini strategis," ujar Menhub Budi.

Untuk pembangunan MRT east-west akan dimulai dari Kembangan, Jakarta Barat, menuju Medan Satria, Bekasi. Menhub Budi beralasan, rute MRT diteruskan sampai ke Bekasi demi mengejar populasi penumpang.

Kemudian, untuk rencana revitalisasi Stasiun Tanah Abang, Menhub Budi mengatakan, nantinya proyek ini akan dikerjakan oleh tiga pihak dengan memanfaatkan lahan milik Kementerian Perhubungan seluas 4 hektare. "Jadi Pak Heru Pak Gubernur minta itu pakai central station atau station pengganti, jadi dari Tanah Abang sekarang mundur kira-kira 500 meter, kita ada ikon baru," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya