Pemprov DKI Targetkan JPO Kebayoran Lama Selesai November 2023

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono (tengah) melintasi JPO/Skywalk Kebayoran.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Pemprov DKI

VIVA Metro – Dinas Bina Marga DKI Jakarta menargetkan pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) dekat Skywalk Kebayoran Lama bakal selesai pada November 2023.

92.493 NIK Warga Jakarta Bakal Dinonaktifkan Pekan Depan

"Insyaallah sekarang tidak ada (pembebasan lahan), saya sudah petakan untuk konstruksi bawah maupun Ramp sudah pembebasan di sana. Target November 2023 (selesai)," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho kepada wartawan, Selasa, 7 Februari 2023.

Hari mengaku pembangunan JPO itu sebetulnya telah direncanakan sudah lama bersamaan dengan proyek Skywalk Kebayoran. Namun, karena desain dan pembebasan lahan agak sulit, akhirnya rencana ini dipecah. 

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Skywalk Kebayoran Lama.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna.

Hari memastikan JPO ini berdiri tidak akan tumpang tindih dengan Skywalk Kebayoran Lama. Nantinya, JPO tersebut dibangun di dekat Halte Pasar Kebayoran Lama yang menghubungkan Koridor Delapan dan berjarak sekitar 180 meter serta berada dekat kawasan permukiman padat.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Menurut Hari, konsep yang dimiliki oleh JPO ini sangat berbeda, dan warga yang mau menyeberanginya pun gratis.

"JPO ini rencananya memiliki panjang 20-30 meter dengan anggaran dana sekitar Rp10-25 miliar yang bersumber dari APBD 2023," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta berencana akan membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) di sekitar Skywalk Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Rencana pembangunan JPO imbas dari penerapan Skywalk Kebayoran Lama yang saat ini berbayar bagi masyarakat yang ingin melintas.

"Memang sebenarnya skywalk dan JPO berbeda fungsi. Kalau Skywalk untuk digratiskan itu harus dikaji dulu sistem tiketingnya antara Transjakarta dan KCI," kata Hari.

Adapun skywalk ini mengintegrasikan Stasiun Kebayoran Lama dan Halte Transjakarta Kebayoran Lama koridor 8 dan Velbak, Jakarta Selatan. 

Hari mengatakan, JPO di sekitar skywalk itu dibangun untuk digunakan oleh masyarakat yang tidak menggunakan trasnportasi umum atau  hanya sekedar untuk menyeberang jalan.

"Namun bagi yang tidak naik angkutan umum hanya melintas nanti dibuatkan JPO saja. Kalau JPO itu gratis untuk semua yang melintas," kata Hari. 

Lanjut Hari, JPO di sekitar Skywalk Kebayoran Lama itu rencananya akan dibangun pada tahun 2023. Namun ia tak menjelaskan waktu pembangunan JPO tersebut.

"Rencana untuk JPO akan dibangun tahun ini di sekitar skywalk," tutur Hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya