Jalan Patung Kuda hingga Bundaran HI Bakal Direkaysa 5 Bulan, Mulai 12 Februari

Pekerja menyelesaikan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) Fase II.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj

VIVA Metro – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar Tugu Jam Jalan MH Thamrin. Hal itu dilakukan imbas pengerjaan lanjutan konstruksi MRT Jakarta fase 2 segmen CP-201.

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pengerjaan yang mengakibatkan rekayasa lalin ini dilakukan mulai 12 Februari 2023 sampai dengan 15 Juni 2023.

"Lokasi pekerjaan yang berdampak pada traffic diversion berada Jalan MH Thamrin mulai dari Bundaran Air Mancur Monumen Nasional atau Patung Kuda sampai Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia," ujar Syafrin dalam keterangan resminya, Rabu, 8 Februari 2023.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Transportasi umum MRT di Jakarta.

Photo :

Lebih lanjut, Syafrin mengatakan jenis pekerjaan yang dilakukan adalah power blender untuk perbaikan stabilitas tanah, pekerjaan dinding pembatas untuk konstruksi dinding diafragma sisi barat-pulau selatan, pekerjaan jet grouting untuk perkuatan tanah, Instalasi king post stasiun sisi barat, instalasi decking di sisi timur.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Tak hanya rekayasa lalin, terdapat dua koridor Transjakarta yang juga mengalami perubahan rute, yakni Terminal Kampung Melayu-Tanah Abang (5M) dan Terminal Senen-Tanah Abang (1R).

Rute tersebut yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin di Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

Pintu stasiun MRT sudah mulai dibuka setelah tergenang banjir

Photo :
  • Twitter MRT Jakarta

"Rute angkutan Transjakarta 1R yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin di Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya," katanya.

Berikut rekayasa lalin yang dilakukan selama pengerjaan konstruksi:

a. Lalu lintas dari arah timur Jalan Kebon Sirih yang menuju ke arah barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri berputar di Bundaran Hotel Indonesia.

b. Lalu lintas dari arah timur Jalan Medan Merdeka Selatan yang akan menuju ke arah barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

c. Lalu lintas dari arah timur Jalan K. H. Wahid Hasyim yang akan menuju ke arah barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin Tugu Jam dialihkan lurus melalui K. H. Wahid Hasyim dan seterusnya.

d. Lalu lintas dari arah selatan Jalan H. Agus Salim yang akan menuju ke arah barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih-Jalan M.H. Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri melalui K. H. Wahid Hasyim dan seterusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya