Pemprov DKI Larang Pedagang Berjualan di Sepanjang Sudirman-Thamrin Saat Car Free Day

Arsip warga menikmati suasana Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jalan Sudirman.
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

VIVA Metro – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan sepanjang Jalan Sudirman-Jalan Thamrin sebagai zona merah atau kawasan bebas dari pedagang saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) yang diberlakukan mulai Minggu, 12 Februari 2023.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

"Mulai Minggu, 12 Februari 2023, sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin ditetapkan sebagai zona merah secara keseluruhan, tanpa ada lagi zona kuning," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Elisabeth Ratu Rante Allo di Jakarta, Jumat, 10 Februari 2023.

Ia menjelaskan, keputusan itu dilakukan mencermati evaluasi mingguan yang dilakukan jajaran Pemprov DKI. Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas olahraga pada saat HBKB di ruas Jalan Sudirman-Thamrin, agar tidak terganggu keberadaan para pedagang.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Seorang polisi bersiaga di area kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor alias Car Free Day (CFD) di Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Photo :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

Pemprov DKI menyiapkan tempat bagi para pedagang untuk berjualan hanya pada zona hijau yang sudah ditetapkan.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Adapun lokasi untuk zona hijau yaitu:
Jalan Sunda;
Jalan Kebon Kacang;
Jalan Sumenep;
Jalan Pamekasan;
Jalan Purworejo;
Jalan Blora;
Jalan Teluk Betung;
Jalan Galunggung;
Jalan Karet Pasar Baru III;
Jalan Kebon Sirih.

Selain itu, jalan-jalan penghubung juga telah dikondisikan agar dapat menjadi wadah bagi para pedagang berjualan, seperti di Jalan Kebon Sirih serta Jalan Karet Pasar Baru III/V.

"Bagi para pedagang yang akan berjualan, silakan menempatkan diri di zona hijau yang telah ditetapkan. Kami minta kerja samanya untuk seluruh masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan ketertiban demi kenyamanan bersama," kata Ratu.

Sebelumnya, ada zona kuning yang saat ini sudah tidak lagi berlaku yakni terbagi dua yakni zona kuning pertama, pedagang boleh berjualan tapi di trotoar tidak boleh turun ke jalan dan tidak boleh menggunakan tenda.

Zona kuning pertama ini berada di Jalan Thamrin mulai dari Patung Kuda sampai simpang Sarinah.
Zona kuning kedua mulai dari patung Sudirman sampai Patung Pemuda Pembangunan.

Kemudian, antara zona kuning satu dan dua, pedagang sama sekali tidak dibolehkan berdagang dari Sarinah sampai Dukuh Atas. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya