Jakpro Targetkan LRT Jakarta Rute Velodrome-Manggarai Rampung Akhir 2024

Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Velodrome-Kelapa Gading memasuki Stasiun Velodrome Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA Metro – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan melanjutkan pengerjaan proyek pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai. Ditargetkan, proyek tersebut selesai akhir 2024 ini.

Wakil Bupati Sindir Bupati Manggarai yang Pecat Ratusan Nakes

VP Corporate Secretary PT Jakpro, Syahrial Syarif mengatakan rute fase 1B ini secara rinci akan mencapai jarak 6,4 kilometer (km) dengan terdapat lima stasiun. Adanya LRT ini ditargetkan dapat membawa 180.162 penumpang, atau minimal 80.000-100.000 penumpang per hari, dengan target konstruksi awal dimulai pada paruh pertama 2023. 

Adapun, pengerjaannya ini bakal sejalan dengan proses penyiapan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang bakal menjadi pertemuan berbagai moda transportasi publik di Jakarta.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Logo PT Jakarta Propertindo (Jakpro)

Photo :

"LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai ini diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda angkutan umum di Jakarta seperti KAI Commuter Line dan MRT Jakarta-sejalan dengan proses penyiapan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang menjadi pertemuan berbagai moda transportasi publik," kata Syahrial Syarif dalam keterangannya, Jumat 10 Februari 2023.

Arus balik di Padalarang Diprediksi sampai 15 April Kuantitas Lebih Besar dibanding Arus Mudik

Syahrial juga menyebut, percepatan proyek ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam mengentaskan kemacetan di ibu kota, yakni dengan menyediakan berbagai fasilitas angkutan umum untuk masyarakat.

"PT Jakarta Propertindo bersama Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas terkait serta Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) terus berkoordinasi dalam melakukan upaya pengentasan kemacetan," bebernya.

Kedepan diharapkan, masyarakat dapat lebih nyaman untuk menggunakan moda transportasi publik. Mengingat, saat ini pengguna transportasi publik di ibu kota kurang lebih hanya 1 juta pengguna per hari.

Pemprov DKI Jakarta pun menargetkan, pada 2030, sebesar 60 persen mobilitas masyarakat Jakarta menggunakan moda transportasi umum.

"Fitur operasional LRT Jakarta pada Fase 1A rute Velodrome - Kelapa Gading saat ini pun telah ditingkatkan agar seluruh kalangan masyarakat dapat menggunakannya dengan nyaman," pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya