Pasca Bentrok PP dan Forkabi di Tangerang, Ini yang Dilakukan Polisi

Polisi berjaga di lokasi bentrokan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.
Sumber :
  • Istimewa/Sherly

VIVA Edukasi - Usai bentrokan antara Pemuda Pancasila (PP) dan Forkabi, sejumlah organisasi masyarakat (ormas) yang berada di wilayah Kota Tangerang dikumpulkan di Mapolres Metro Tangerang Kota, Kamis, 16 Februari 2023 malam. 

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, sejumlah ormas tersebut dikumpulkan untuk bersilaturahmi dan mengajak menjaga kondusivitas Kamtibmas. 

"Pertemuan ini untuk menyamakan persepsi, agar kedepan bila terdapat suatu permasalahan dapat segera teratasi tanpa harus melakukan kekerasan fisik dan selesaikan secara musyawarah antar pimpinan ormas, sehingga suasana Kamtibmas menjadi aman, nyaman dan kondusif," katanya. 

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

Lanjut dia, beberapa kasus gesekan terjadi antar ormas itu terjadi karena perebutan lahan parkir, jaga lahan kosong dan kesalahpahaman dilakukan oleh beberapa oknum ormas. 

Kondisi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan Kemaluan Ditendang, Sampai Periksa ke Poli Kandungan

"Kita (polisi) berharap dan menekankan kejadian-kejadian terkait premanisme, SARA, debt collector, tawuran antar ormas yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban tidak terjadi lagi di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota," ujarnya. 

Ia juga mendorong setiap ormas dapat melakukan pembinaan terhadap anggotanya, membekali keterampilan melalui pelatihan kerja, membuat usaha positif yang dapat menampung anggotanya. Sehingga, mendapatkan penghasilan yang baik, bukan dari hasil pemerasan maupun perbuatan yang melanggar hukum. 

"Saya minta seluruh ormas untuk tidak melanggar hukum, kerjasamalah dengan perusahaan-perusahan yang ada, termasuk dengan pemerintah daerah, agar ormas dapat lebih berkarya dengan kegiatan positif dan jadi role model sebagai pelopor dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.  Kami akan berupaya membantu untuk memfasilitasi itu," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya